05/12/2022 Layangkan 7 Tuntutan, Aremania: Tragedi Kanjuruhan Harus Diusut Tuntas | Blitar TIMES

Layangkan 7 Tuntutan, Aremania: Tragedi Kanjuruhan Harus Diusut Tuntas

Oct 06, 2022 16:06
Screenshoot video pembacaan tuntutan Aremania, Rabu (5/10/2022) malam di depan Balai Kota Malang. (Sumber: Tiktok @Masduki_123)
Screenshoot video pembacaan tuntutan Aremania, Rabu (5/10/2022) malam di depan Balai Kota Malang. (Sumber: Tiktok @Masduki_123)

Pewarta: Binti Nikmatur | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES  - Duka mendalam tak hanya dirasakan keluarga korban tragedi Kanjuruhan. Seluruh Aremania  juga merasakan hal yang sama. 

Karena itu, untuk memperjuangkan keadilan para korban, Aremania menuntut beberapa hal. Tuntutan itu dibacakan saat gelaran doa bersama dan aksi seribu lilin di depan Balai Kota Malang, Rabu (5/10/2022) malam.

Baca Juga : Usai Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan di Malang, KSAD Jenderal Dudung Ziarah ke Makam Bung Karno

Ada 7 tuntutan yang dilayangkan Aremania dan  harus segera diusut tuntas. Dikutip melalui TikTok @masduki_123, tujuh hal tersebut disampaikan langsung perwakilan Aremania Sam Ambon Fanda.

 Ini 7 poin tuntutan Aremania:

1. Usut tuntas perbedaan jumlah korban karena menurut kepolisian 127, namun di lapangan yang tersebar ada lebih dari 200 korban.

 2. Siapa yang bertanggung jawab atas sosialisasi penerapan regulasi FIFA soal larangan penggunaan gas air mata kepada petugas keamanan pertandingan. 

 3. Apa saja jenis gas yang ditembakkan, siapa dan berapa orang yang menembak, serta dari kesatuan mana yang menembak

4. Fakta kapasitas stadion dan jumlah tiket terjual harus jelas. 

5. Standar operational procedure (SOP) yang benar dan menit ke berapa gate stadion harus dibuka. 

6. Kesaksian pemain Arema FC maupun Persebaya, apakah ada pemukulan saat tragedi Kanjuruhan.  

7. Mengapa rekomendasi pertandingan dimajukan sore tidak dijalankan.

Baca Juga : Tragedi Kanjuruhan, Wantimpres Kumpulkan Data Primer untuk Rekomendasi Presiden

Dari ketujuh tuntutan tersebut, Sam Ambon meminta agar Aremania tidak hanya fokus menyalahkan tim keamanan. Namun semua pihak harus ikut diadili. "Mulai panpel, PT LIB, PSSI sampai aparat keamanan harus diadili. Semuanya tidak cukup hanya dicopot, harus diadili. Kita negara hukum. Jangan sampai ke kasus-kasus lainnya dulu. Ayo kita kawal sampai tuntas karena semua pihak harus dikawal, tidak hanya aparat keamanan saja," tandasnya.

Pembacaan tuntutan itu sontak mendapatkan dukungan dari warganet. "Setuju sam, tetap semangat jangan sampai kendor. Salam satu jiwa," tulis @pujanggapujanggak.

 "Save mas Ambon, jangan sampai hilang," ujar @iyaByyy. 

"Semoga perjuangan kalian membuahkan hasil yang maksimal. Amin,"kata  @Mamafani.

"Jangan sampai hilang mas, tetap kuat dijaga bareng-bareng semangat, banyak ibu masih sait hati karena ini," ungkap @bagussukma.

Judul berita Layangkan 7 Tuntutan, Aremania: Tragedi Kanjuruhan Harus Diusut Tuntas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Tragedi Kanjuruhan Tuntutan Aremania

Berita Lainnya