05/12/2022 Tragedi Kanjuruhan, Wantimpres Kumpulkan Data Primer untuk Rekomendasi Presiden | Blitar TIMES

Tragedi Kanjuruhan, Wantimpres Kumpulkan Data Primer untuk Rekomendasi Presiden

Oct 06, 2022 15:46
Anggota Wantimpres Soekarwo saat meninjau Stadion Kanjuruhan didampingi Bupati Malang HM. Sanusi. (Foto: Istimewa).
Anggota Wantimpres Soekarwo saat meninjau Stadion Kanjuruhan didampingi Bupati Malang HM. Sanusi. (Foto: Istimewa).

Pewarta: Riski Wijaya | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Soekarwo meninjau Stadion Kanjuruhan, Kamis (6/10/2022) siang. Tinjauan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kondisi di lapangan usai terjadinya traged memilukan yang menewaskan 131 orang pada Sabtu (1/10/2022) lalu.

Wantimpres juga akan menyusun data primer yang nantinya digunakan sebagai bahan untuk memberikan rekomendasi dan saran kepada presiden terkait penanganan insiden itu. "Diminta atau tidak diminta, kami  harus berikan masukan kepada presiden. Salah satu yang kami kerjakan adalah untuk data primer di lapangan seperti apa. Itu tugas kami," ujar pria yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut.

Baca Juga : Tragedi Kanjuruhan, Aremania: Kami Seperti Dibantai di Dalam Kurungan

Sejauh ini, mantan gubernur Jawa Timur (Jatim) itu mengatakan belum ada instruksi khusus dari atau kepada presiden soal Tragedi Kanjuruhan. Hanya, Pakde Karwo menggarisbawahi arahan Presiden Joko Widodo agar masalah ini dapat diurai seterang-terangnya. 

"Tidak ada instruksi. Tapi pidato presiden, harus terang dan seadil-adilnya itu sudah dirapatkan dalam Wantimpres," jelas Pakde Karwo. 

Walau  begitu, Pakde Karwo mengaku tidak dapat menjelaskan secara terperinci materi yang akan menjadi rekomendasi ke presiden. Dan rekomendasi itu juga cukup berbeda dengan materi dari lembaga lain yang juga terlibat dalam penanganan insiden tersebut. 

"Tentang materinya, beda dengan lembaga lain. (Rekomendasi) Yang akan diajukan tidak boleh dipublikasi," ucap Pakde Karwo. 

Baca Juga : Usai Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan di RSSA, KSAD Dudung Pastikan Anggota TNI yang Lakukan Kekerasan Diproses Hukum

Saat disinggung soal insiden penembakan gas air mata oleh aparat keamanan, Pakde Karwo  menilai bahwa hal itu sepenuhnya berada pada wewenang kapolri. Namun, bukan berarti Wantimpres akan berdiam diri saja. "Karena itu materi pertanyaan, (Wantimpres) tidak boleh (menjawab). Kalau Kapolri boleh, kalau pertimbangan itu, pertanyaan anda (wartawan) juga akan jadi pertanyaan saya juga," pungkas Pakde Karwo.

Judul berita Tragedi Kanjuruhan, Wantimpres Kumpulkan Data Primer untuk Rekomendasi Presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Wantimpres Tragedi Kanjuruhan

Berita Lainnya