Jatim Times Network Logo
31/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Tingkatkan Kemampuan Literasi Siswa MI, Tim Dosen Unisba Blitar Turun ke Pedesaan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

16 - Sep - 2022, 02:52

Bersemangat : Siswa MI Darul Ulum mengikuti pelatihan literasi kosa kata yang digelar Tim Pengabdian Masyarakat Unisba Blitar.(Foto : Unisba Blitar for JATIMTIMES)
Bersemangat : Siswa MI Darul Ulum mengikuti pelatihan literasi kosa kata yang digelar Tim Pengabdian Masyarakat Unisba Blitar.(Foto : Unisba Blitar for JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar berkontribusi aktif dalam pembangunan kemasyarakatan sebagai bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Di bidang pendidikan, Tim Pengabdian Masyarakat Unisba Blitar menyelenggarakan pelatihan Menulis Kalimat Efektif dan Menggunakan Tanda Baca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa kepada pelajar di tingkat sekolah dasar.

Informasi yang diterima JATIMTIMES, kegiatan pelatihan dilaksanakan menyasar siswa kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum, Desa Genengan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Kegiatan tersebut dilaksanakan tim pengabdian yang beranggotakan Adin Fauzi (Dosen FKIP Unisba Blitar), M. Iqbal Baihaqi(Dosen FKIP Unisba Blitar) dan Sinta Yuliani (Mahasiswa FKIP Unisba Blitar).

Baca Juga : Pekan 9, Persik Masih Tertahan di Klasemen Juru Kunci

Dosen FKIP Unisba Blitar Adin Fauzi menyampaikan, dalam pelatihan ini para siswa diberikan materi terkait tata cara menulis yang baik dan benar. Dijelaskannya, secara teori menulis adalah salah satu sarana dalam menyampaikan ide, pendapat, gagasan atau saran dalam bentuk rangkaian kata dan kalimat. Menulis adalah proses produksi untuk menghasilkan sebuah karya yang bersumber dari pikiran.

“Tentu tidak bisa sembarangan menulis jika kita menginginkan hasil tulisan yang berkualitas. Ada teknik-teknik menulis yang perlu dikuasai untuk membuat tulisan yang layak dibaca oleh orang lain,” kata Adin,

Adin menambahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan Tim Dosen Unisba Blitar diperoleh hasil sebagian besar siswa kesulitan dalam menyampaikan gagasan tertulisnya dengan struktur kalimat yang lugas dan jelas, serta masih kebingungan dalam menerapkan tanda baca. Akibatnya, tulisan yang dihasilkan para siswa belum memiliki keterbacaan yang baik.

“Dengan pelatihan ini kami mendorong agar para siswa berlatih menganalisis kosakata yang beragam dalam teks. Lalu analisis struktur kalimat, siswa menganalisis struktur kalimat dan mempelajari cara menulis kalimat efektif.Kemudian analisis tanda baca, siswa mempelajari penggunaan tanda baca dan berlatih menerapkan tanda baca,” terangnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 15 siswa  MI Darul Ulum Genengan. Pelatihan dilaksanakan selama enam kali pertemuan dalam kurun waktu 1-31 Agustus 2022. Seluruh siswa nampak bersemangat. Dalam pelatihan ini mereka juga mendapat materi menulis teks dengan  menerapkan kalimat efektif dan tanda baca yang benar.

Baca Juga : Persebaya Kalah dari Rans Nusantara, Bonek Turun Lapangan hingga Rusak Stadion Gelora Delta Sidoarjo

“Setelah menulis draft pertama, tim pengabdian mengoreksi tulisan mereka dan memberikan saran untuk perbaikan. Draft yang sudah dikoreksi dikembalikan kepada siswa untuk diperbaiki,” imbuh Adin.

Ditambahkan Dosen FKIP Unisba Blitar M Iqbal Baihaqi, setelah kegiatan selesai Tim Pengabdian Masyarakat Unisb Blitar melakukan evaluasi. Dari hasil evaluasi diketahui pelatihan ini memberikan perkembangan positif bagi para siswa di MI Darul Ulum.

“Hasil dari kegiatan, setelah mengikuti pelatihan ini para siswa mampu menunjukkan perkembangan yang baik dalam menulis. Meskipun belum sempurna, mereka sudah mengerti cara menulis sebuah kalimat dengan penyampaian yang efektif, lengkap dengan tanda baca yang benar. Hasil tulisan mereka juga sudah lebih terbaca dengan baik,” pungkas Iqbal.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana