Jatim Times Network Logo
31/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Penutupan KKN, Mahasiswa Unisba Blitar Resmikan Taman Toga di Desa Pakisrejo

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

15 - Sep - 2022, 08:35

Peresmian Taman Toga di Desa Pakisrejo oleh mahasiswa KKN Unisba Blitar dan kepala desa.(Foto :  Unisba Blitar for JATIMTIMES)
Peresmian Taman Toga di Desa Pakisrejo oleh mahasiswa KKN Unisba Blitar dan kepala desa.(Foto : Unisba Blitar for JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar di Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, berlangsung sukses. Puncak dari kegiatan ini ditandai dengan seremonial penutupan di seluruh desa yang menjadi lokasi kegiatan KKN.

Penutupan kegiatan KKN berlangsung penuh haru. Seperti di Desa Pakisrejo, mahasiswa KKN Unisba Blitar Kelompok 7 menggelar seremonial penutupan pada 10 September 2022. Dalam seremonial ini, mahasiswa KKN bersama dengan pemerintah desa setempat juga meresmikan taman toga desa. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh tiga pilar Desa Pakisrejo, togatomas, organisasi kemasyarakatan, ketua RT dan ketua RW se-Desa Pakisrejo.

Baca Juga : Perkuat Wawasan Kebangsaan, Pemkot Malang Kerja Sama dengan Universitas Tribhuwana Tunggadewi

“Penutupan ini juga sekaligus kami bersama pemerintah desa meresmikan taman toga. Harapan kami, taman toga ini bukan sekedar kenang-kenangan. Besar harapan kami adanya taman toga ini akan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Pakisrejo,” kata Ketua Kelompok 7 KKN  Unisba Blitar M Khoirul Anam.

Anam menambahkan, toga adalah tanaman herbal yang bermanfaat untuk obat tradisional. Selain obat, dengan dikonsumsi secara rutin toga juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga imunitas dan kesehatan. Di taman Toga Desa Pakisrejo ini ada banyak tanaman Toga yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat. Di antaranya ginseng Jawa, ginseng Korea, jahe merah, daun mint, pandan daun sirih, jeruk nipis dan tanaman obat lainya.

“Indonesia itu adalah negara yang kaya, tanaman toga ini adalah tanaman yang manfaatnya luar biasa. Semoha hadirnya taman toga ini nanti bisa diuri-uri oleh masyarakat Desa Pakisrejo dalam rangka mendukung pembangunan kesehatan di tingkat desa,” tukasnya.

Unisba Blitar melaksanakan kegiatan KKN tahun 2022 di Kecamatan Srengat selama 30 hari. Di Desa Pakisrejo, serangkaian program kegiatan dilaksanakan mahasiswa.di antaranya kegiatan sosial dan pendidikan. Mahasiswa KKN di Desa  Pakisrejo juga melaksanakan kegiatan kebudayaan yang tujuannya untuk meningkatkan kekompakan masyarakat.

Baca Juga : Ribuan Anak TK se-Kota Padang Panjang Ikuti Manasik Haji 

“Budaya adalah modal penting untuk kita maju. Dengan gotong royong bersama-sama kita perkuat sinergitas untuk pemulihan ekonomi. Ini sesuai dengan tema KKN tahun ini yakni Pemulihan Ekonomi Berbasis Teknologi,” pungkas Anam.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy