05/12/2022 3 Nabi Ini Punya Pendamping Hidup Lebih dari Satu | Blitar TIMES

3 Nabi Ini Punya Pendamping Hidup Lebih dari Satu

Sep 11, 2022 08:30
Ilustrasi pendamping hidup (pixabay)
Ilustrasi pendamping hidup (pixabay)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Nabi merupakan mahluk Allah SWT yang juga memiliki pendamping hidup. Bahkan diantara mereka beberapa memiliki lebih dari satu istri. Hal ini juga telah banyak dijelaskan dalam berbagai hadits maupun riwayat. Lantas siapa saja Nabi uang memiliki pendamping hidup lebih dari satu ?. Simak informasinya ini.

Diolah dari Islam Pos dan Dalam islam, Nabi yang memiliki Pendamping hidup lebih dari satu adalah Nabi Sulaiman. 
Dalam sebuah hadist shahih, dijelaskan bahwa Nabi Sulaiman istri kurang lebih sampai 100 istri. Dari 100 istri tersebut, terdapat 1 istri yang paling dipercayai, yakni Jarodah. 

Baca Juga : Komisi IX DPR Bareng BKKBN Targetkan Angka Stunting Turun 14 Persen pada 2024

Dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Saya akan menggilir 100 istri akan melahirkan anak lelaki yang nanti akan berjihad di jalan Allh SAW. Namun, Sulaiman lupa untuk mengucapkan InshaAllah. Lalu, Sulaiman menggilir seluruh istrinya akan tetapi tidak ada yang melahirkan anak selain satu istri yang melahirkan setengahefa1 anak. Kemudian Rasulullah SAW mengatakan, "Andai Sulaiman mengatakan InsyaAllah, maka sumpahnya tidak gagal da akan mendapatkan apa yang menjadi keinginannya." (HR Ahmad 7715 dan Bukhari 5242).

Nabi kedua yang memiliki pendamping hidup lebih dari 1 adalah Nabi Daud. Nabi Daud merupakan ayah dari Nabi Sulaiman. Nabi Daud memiliki istri mencapai 99. Dalam kisahnya, ia pernah jatuh hati kepada seorang wanita, akan tetapi wanita tersebut telah memiliki seorang suami yang merupakan komandan pasukan perang. 

Satu ketika, ia merencanakan agar suami dari wanita tersebut mati. Hal ini dilakukan agar ia dapat mendapatkan istrinya. Sang komandan perang yang merupakan suami dari wanita itu kemudian mati terbunuh. Nabi Daud lantas menikahi wanita itu.

Dan saat tengah beribadah, dua orang laki-laki ingin bertemu Nabi Daud. Dua laki-laki tersebut lantas tak izinkan masuk kedalam menemui Nabi Daud. Ternyata, dua laki-laki tersebut merupakan malaikat. Dua malaikat itu akan memberikan pelajar kepada Nabi Daud.

Percakapan Nabi Daud dan dua malaikat itu terdapat dalam Surat Shadd ayat 22-24.

"Ketika mereka masuk (menemui) Daud lalu Ia terkejut karena kedatangan mereka. Mereka berkata, “Janganlah kamu merasa takut; (kami) adalah dua orang yang berperkara yang salah seorang dari kami berbuat zalim kepada yang lain; maka berilah keputusan antara kami dengan adil dan janganlah kamu menyimpan dari kebenaran dan tunjukilah kami ke jalan yang lurus." (QS Shadd  22).

"Sesungguhnya saudaraku ini mempunyai sembilan puluh sembilan kambing betina dan aku mempunyaia seekor saja.” Maka dia berkata, "Serahkanlah kambingmu itu kepada ku dan dia mengalahkan aku dalam perdebatan." (QS Shadd  23)

Baca Juga : Haul ke-5 Gus Lukman Al-Karim, Wali Kota Malang Sutiaji: Orang yang Ikhlas dan Motivator Andal

"Daud berkata, "Sesungguhnya dia telah berbuat zalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk ditambahkan kepada kambingnya. Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian mereka berbuat zalim kepada sebahagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang shaleh dan amat sedikitlah mereka ini." Dan Daud mengetahui bahwa kami mengujinya; maka ia meminta ampun kepada Tuhannya lalu menyungkuur sujud dan bertaubat." (QS Shadd 24).

Dari situ, Nabi Daud pun menyesali apa yang telah dilakukan. Ia pun menangis sampai bersujud kepada Allah SWT. Ia begitu memohon ampun kepada Allah SWT atas perbuatannya. 

Dan nabi ketiga yang mempunyai pendamping hidup lebih dari satu adalah Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad diketahui sampai memiliki 13 orang istri. Diantara mereka ada yang bergelar Ummul Mukminin. 

Dan semua wanita yang dinikahi oleh Rasulullah, merupakan seorang janda. Hanya Aisyah lah yang merupakan satu-satunya wanita yang dinikahi Rasulullah dalam keadaan perawan.

"Aku melihatmu (Aisyah) dalam mimiku selama tiga malam. Malaikat datang membawamu dengan mengenakan pakaian sutra putih. Malaikat itu berkata, ‘Ini adalah istrimu’. Lalu ku singkapkan penutup wajahmu, ternyata itu adalah dirimu. Aku bergumam, ‘Seandainya mimpi ini datangnya dari Allah SAW, pasti akan menjadikannya nyata’." (HR Bukhari dan Muslim).

Topik:

istri nabi

Judul berita 3 Nabi Ini Punya Pendamping Hidup Lebih dari Satu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
istri nabi

Berita Lainnya