Angkat Judul 'Kresnayana Kawedhar', Festival Kresnayana VII Akan Digelar Lebih Meriah di Blitar | Blitar TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Angkat Judul 'Kresnayana Kawedhar', Festival Kresnayana VII Akan Digelar Lebih Meriah di Blitar

Jun 01, 2022 20:19
Festival Kresnayana akan kembali digelar di Amphiteater Penataran Kabupaten Blitar.
Festival Kresnayana akan kembali digelar di Amphiteater Penataran Kabupaten Blitar.

JATIMTIMES- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melaui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar akan kembali menggelar rangkaian acara Festival Kresnayana VII pada 2-4 Juni 2022 di Amphiteater Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Dengan mengangkat judul “Kresnayana Kawedhar” (The Story of Kresna), Festival Kresnayana kali ini akan dikemas lebih meriah dengan dibuka untuk umum dan disiarkan langsung melalui vhannel YouTube Pemkab Blitar pada besok Sabtu (4/6/2022) malam mulai pukul 19.00 WIB.

Baca Juga : Jimat Pring Pethuk hingga Kul Buntet Paling Diburu di Tulungagung, Jangan Kaget soal Harga

 

Festival Kresnayana VII kali ini juga akan dimeriahkan dengan beberapa rangkaian acara. Di antaranya kegiatan seminar kepemimpinan, Fashion Show Cakra Palah, Graduation Night Blitar Youth Festival, pagelaran Sendratari Kresnayana, pameran UMKM produk-produk kreatif hingga layanan perizinan usaha, kependudukan dan perbankan.

Festival Kresnayana merupakan sebuah pagelaran sendratari yang mengangkat ketokohan Sri Kresna sebagai pembawa pesan kedamaian dunia. Kisah Kresnayana tersebut diangkat dari sebuah relief yang ada di Candi Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar.

Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan pagelaran Kresnayana kali ini mulai digelar lebih meriah dengan beberapa rangkaian acara. Hal ini seiring dengan mulai membaiknya situasi pasca pandemi dan adanya pelonggaran dari pemerintah.

“Tentunya saat ini situasi sudah semakin membaik dan juga seiring dengan kebijakan pemerintah, presiden juga mengatakan bahwa di tempat terbuka boleh membuka masker. Tapi tentunya kita berasumsi bahwa masyarakat kita sudah memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjaga prokes. Jadi, meskipun festival kali ini lebih longgar,  kami mengimbau seluruh masyarakat yang akan hadir untuk tetap menjaga prokes,” kata Suhendro.

Baca Juga : Kaji Terap Tembakau Lokal Dispertapa Pemkab Blitar Mulai Masa Tanam

 

Dia menambahkan, dari evaluasi pagelaran-pagelaran sebelumnya, Festival Kresnayana mendapatkan respons sangat baik dan masyarakat sangat antusias untuk bisa menyaksikan festival tersebut secara langsung. Suhendro berharap, Festival Kresnayana VII kali ini bisa berjalan lancar sehingga bisa menjadi sarana edukasi serta pengobat kerinduan masyarakat terhadap event-event kebudayaan di Kabupaten Blitar.

“Jadi, walaupun situasi sudah membaik, kami tetap berharap kita sama-sama menjaga situasi ini agar menjadi lebih baik lagi. Meskipun kali ini lebih longgar, namun bukan berarti kita sangat bebas karena kita punya tanggung jawab bersama bagaimana Festival Kresnayana nanti bisa berjalan dengan lancar,” ungkapnya.(Adv/Kmf)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
festival kresnayana blitar festival kresnayana

Berita Lainnya