Sukseskan Implementasi MBKM, Fakultas Pertanian Unisba dan Fakultas Pertanian Unitri Gelar Workshop | Blitar TIMES

Sukseskan Implementasi MBKM, Fakultas Pertanian Unisba dan Fakultas Pertanian Unitri Gelar Workshop

Jan 10, 2022 19:45
Workshop Kurikulum MBKM digelar di kampus Unisba Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)
Workshop Kurikulum MBKM digelar di kampus Unisba Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Fakultas Pertanian Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar dan Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang terus memasifkan jalinan kerjasama. Terkini, keduanya menggelar Workshop Penyusunan Kurikulum MBKM 2022, Senin (10/1/2022) di kampus Unisba Blitar.

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan dari program ini adalah mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Baca Juga : Kembangkan Sport Science, KONI Banyuwangi Jajaki Kerjasama dengan FPOK UNIBA

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) telah diluncurkan oleh Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 lalu dalam rangka menyiapkan lulusan pendidikan tinggi yang tangguh dalam menghadapi perubahan.

Merdeka belajar adalah memberi kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai.

“Kerjasama antara Fakultas Pertanian Unisba Blitar dengan Fakultas Pertanian Unitri ini terkait dengan MBKM,” kata Dekan Fakultas Pertanian Unisba Blitar, Ir Palupi Puspitorini.

Palupi menambahkan, Fakultas Pertanian Unisba dan Fakultas Pertanian Unitri menjalin kerjasama sejak April 2021. Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama MBKM.

Dari workshop ini disepakati sejumlah kerjasama program. Diantaranya penelitian dan penulisan jurnal ilmiah. Kedua kampus juga bekerjasama dalam pertukaran mahasiswa dan perkuliahan.

Baca Juga : Kembangkan Sport Science, KONI Banyuwangi Jajaki Kerjasama dengan FPOK UNIBA

“Hari ini dari Unitri datang untuk mewujudkan itu. Kita bahas implementasi kita ada di bidang apa saja. Selain penelitian dan penulisan jurnal ilmiah, nanti yang akan kita lakukan adalah pertukaran mahasiswa dari Fakultas Pertanian Unisba ke Fakultas Pertanian Unitri. Selain itu untuk dosen juga aka mengajar bersama, kita ada Tim Teaching, jadi satu mata kuliah ada satu dosen dari Unisba dan satu dosen dari Unitri,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Workshop Penyusunan Kurikulum MBKM 2022 diikuti oleh Dosen Fakultas Pertanian Unisba Blitar dan Dosen Fakultas Pertanian Unitri. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Ir. Amir Hamzah, MP (Dekan Fakultas Pertanian Unitri).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Universitas Islam Balitar Unisba Blitar Nadiem Anwar Makarim Berita Blitar Berita Jatim

Berita Lainnya