Tangani Pencemaran Limbah Greenfields, DPRD Kabupaten Blitar Bentuk Pansus | Blitar TIMES

Tangani Pencemaran Limbah Greenfields, DPRD Kabupaten Blitar Bentuk Pansus

Oct 13, 2021 16:38
DPRD Kabupaten Blitar membentuk Pansus Greenfileds.(Foto : Istimewa/Humas DPRD Kabupaten Blitar)
DPRD Kabupaten Blitar membentuk Pansus Greenfileds.(Foto : Istimewa/Humas DPRD Kabupaten Blitar)

JATIMTIMES - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar membentuk Panitia Khusus (Pansus) Greenfields. Pembentukan pansus ini setelah permasalahan limbah berujung pencemaran lingkungan yang dihasilkan PT Greenfileds tak kunjung usai.

“Pansus Greenfields dibentuk untuk segera menyelesaikan masalah terkait keberadaan PT Greenfields. Peternakan Greenfields menimbulkan dampak adanya limbah yang mencemari lingkungan,” kata Suwito Saren Satoto Ketua DPRD Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Cara Pelajar Madrasah di Jombang Kurangi Pencemaran Limbah Plastik di Lingkungan

Setelah melalui proses yang cukup alot dan panjang, kelima Fraksi akhirnya menyepakati pembentukan Pansus Greenfield tersebut. Secara prinsip dengan dibentuknya Pansus Greenfields ini, selain bisa segera menyelesaikan masalah limbah dan manfaat atau kontribusinya untuk daerah.

Dalam kesempatan tersebut, kelima fraksi menyampaikan pandangan umumnya terhadap pembentukan pansus tersebut. Dari Fraksi PDIP disampaikan oleh Budi Susila Jaya, menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menangani kasus ini, yaitu memperhatikan potensi PAD karena selama ini tidak ada kejelasan.

“Dari PDIP juga menekankan agar segera dilakukan perbaikan ekosistem terutama pengaruh pengolahan limbah. Fraksi PDIP juga meminta agar Pemerintah Daerah membuat perda terkait CSR. Mengingat selama ini belum ada kejelasan dan pemerintah daerah harus memiliki strategi guna menarik minat para investor,” tukas Suwito.

Sorotan tajam disampaikan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Fraksi PKB meminta untuk menelaah lebih intens dengan semaksimal tentang adanya kerusakan ekosistem disekitar peternakan greenfield.

Baca Juga : Sasar hingga RT-RW, Pemkot Blitar Cari Orang yang Belum Divaksin

“Munculnya limbah yang selama ini menjadi PR bagi pemerintah harus segera mendapatkan solusi dan masih belum adanya transparansi pemberian CSR oleh pemerintah,” tegas Adib Zamhari dari Fraksi PKB.

 

Topik
DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto PT Greenfields Pencemaran Lingkungan pansus greenfields

Berita Lainnya