Pemkot Blitar Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Salurkan Bantuan Subsidi Upah | Blitar TIMES

Pemkot Blitar Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Salurkan Bantuan Subsidi Upah

Oct 12, 2021 18:05
Wali Kota Blitar Santoso dan Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Blitar menyalurkan bantuan subsidi upah.(Foto : Malik Naharul/JATIMTIMES)
Wali Kota Blitar Santoso dan Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Blitar menyalurkan bantuan subsidi upah.(Foto : Malik Naharul/JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar bersama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blitar menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) Tahun 2021 pada para pekerja yang tergabung dalam peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Penyaluran BSU tersebut diserahkan secara simbolis oleh Walikota Blitar Santoso didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Blitar, Agus Dwi Fitriyanto pada kepada perwakilan 3 Pekerja dari Perwakilan Pemberi/Badan Usaha di wilayah Kota Blitar, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga : Pemkot Batu Edukasi Pedagang dan Ajak Perangi Rokok tanpa Cukai

Penyaluran BSU tersebut diatur dalam Peraturan Menaker Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh Dalam Penanganan Covid-19.

Wali Kota Blitar Santoso mengatakan, BSU ini diberikan pada seluruh pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan yang sebesar Rp 500.000 per bulan selama dua bulan, yang akan diberikan sekaligus sebesar Rp 1 juta dan disalurkan pemerintah melalui bank BUMN atau Himbara (Himpunan Bank Negara) seperti BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Diharapkan BSU dapat membantu meringankan beban ekonomi para pekerja dan perusahaan yang sedang mengalami kesulitan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Bantuan Subsidi Upah ini merupakan bantuan yang diberikan pada para pekerja yang tergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan. Tentunya kami sangat mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blitar yang telah bekerjasama dengan pemerintah Kota Blitar untuk memberikan bantuan subsidi upah pada para pekerja di Kota Blitar,” ungkap Wali Kota Blitar Santoso.

Dia menambahkan, manfaat BPJS Ketenagakerjaan ini sangat penting dimiliki oleh setiap karyawan. BPJS Ketenagakerjaan ialah program yang dibentuk oleh pemerintah guna memberikan jaminan perlindungan sosial ekonomi kepada para pekerja.

"BPJS Ketenagakerjaan ini penting dimiliki oleh setiap karyawan, karena kita tidak tahu bahwa bekerja kita ini tau-tau kena musibah, kecelakaan kerja dan lain sebagainya itu akan mendapat santunan sebesar 42 juta. Kita tidak berharap para pekerja ini kena musibah, tetapi namanya musibah ini kan tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu, kami berharap seluruh karyawan karyawati baik yang masih outsourcing maupun ASN segera bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan,” imbuh Santoso.

Baca Juga : Polresta Malang Telusuri NIK Remaja yang Dipakai Vaksin di Jakarta, Dispendukcapil: Biometrik Milik Warga Kota Malang

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blitar Agus Dwi Fitriyanto menjelaskan bahwa dari 2.923 Pemberi Kerja/Badan Usaha dengan Total 34.371 Pekerja (20.861 Pekerja di wilayah kabupaten Blitar dan 13.406 Pekerja diwilayah Kota Blitar) telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blitar sebagai Peserta Aktif data per Oktober 2021.

Dari jumlah tersebut sebanyak 52 persen Pekerja yang diajukan ke Kementerian Tenaga Kerja sesuai kriteria Permenaker 16 Tahun 2021 yaitu Telah menjadi Peserta Aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juni 2021, mempunyai Gaji/upah paling banyak Rp 3,5 juta, diutamakan yang bekerja pada sektor usaha Industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, property dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan.

"Dari data yang kita laporkan tersebut, Kemenaker lalu melakukan verifikasi akhir yaitu diprioritaskan pekerja yang belum pernah menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan, atau program bantuan produktif usaha mikro. Sampai saat ini sudah disalurkan Bantuan Subsidi Upah sebanyak 6.294 Pekerja tersebar pada 633 Pemberi Kerja /Badan Usaha," tukasnya.

Topik
Berita Blitar agus dwi fitriyanto Wali Kota Blitar Wali Kota Blitar Santoso

Berita Lainnya