PeduliLindungi Sudah Bisa Diakses di 15 Aplikasi Ini, Akan Ditambah 35 Lagi | Blitar TIMES

PeduliLindungi Sudah Bisa Diakses di 15 Aplikasi Ini, Akan Ditambah 35 Lagi

Oct 07, 2021 14:11
PeduliLindungi (Foto:  Fimela.com)
PeduliLindungi (Foto: Fimela.com)

JATIMTIMES - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi telah resmi mengintegrasikan 15 aplikasi yang bisa mengakses aplikasi PeduliLindungi per hari ini Kamis (7/10/2021). Sebanyak 15 aplikasi itu ialah Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, Dana, Livin' by Mandiri, Cinema XXI, LinkAja!, GOERS, JAKI, Shopee, Loket.com, BNI Mobile, serta MCash.

"Melalui acara ini, kerja sama mitra scan QR PeduliLindungi dengan resmi saya luncurkan," ujar Budi melalui press conference: launching integrasi fitur QR code Peduli Lindungi yang berlangsung secara daring.

Baca Juga : Anak dengan Nama Terpanjang di Indonesia Belum Dapat Akta, Dispendukcapil Tuban Tunggu Surat Mendagri

Langkah ini dilakukan karena pihaknya ingin menggunakan PeduliLindungi untuk tiga  hal utama dalam penanganan pandemi covid-19. Yakni screening, tracing atau pelacakan mendukung implementasi protokol kesehatan (prokes).

Budi menambahkan, pihaknya juga mulai mencoba mengintergrasikan PeduliLindungi dengan 6 aktivitas masyarakat seperti perdagangan, transportasi, pariwisata, perkantoran, pendidikan, dan keagamaan.

"PeduliLindungi secara agresif atau bertahap akan kita implementasikan ke enam aktivitas utama tadi untuk screening, tracing, dan prokes," kata Budi. 

Sementara, Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji mengatakan, jumlah aplikasi yang terintegrasi dengan PeduliLindungi akan bertambah sebanyak 35 dalam waktu dekat. Menurut dia, 35 aplikasi yang akan terintegrasi dengan PeduliLindungi itu, saat ini tengah dalam tahap tes keamanan dan adminstrasi.

"Memang selani 15 aplikasi yang saat ini kami luncurkan. Masih ada beberapa mitra lain yang sedang berporses yang sedang tes secara keamanan, kemudian proses administrasi," papar Setiaji. 

Baca Juga : Tak Perlu Antre, Masyarakat Tulungagung Bisa Urus Adminduk secara Online dengan Aplikasi Pandu Cakti

Sayang, Setiaji belum ingin membeberkan secara rinci 35 aplikasi tersebut. Ia hanya menyampaikan, 35 aplikasi itu ada yang berlatar belakang kesehatan, perbankan, hingga perjalanan.

"Dari 35 mitra ini, ada yang terkait kesehatan, perbankan. Ada juga seperti Traveloka dan sejenisnya, seperti pegipegi.com. Nanti akan kita sampaikan listnya setelah itu bisa dijalankan," ucap Setiaji.

Topik
Aplikasi Peduli Lindungi peduli lindungi Kementerian Kesehatan

Berita Lainnya