Perluas Testing, Satgas Covid-19 Buka Layanan Tes Covid-19 Gratis di Alun-alun Kota Blitar | Blitar TIMES

Perluas Testing, Satgas Covid-19 Buka Layanan Tes Covid-19 Gratis di Alun-alun Kota Blitar

Sep 13, 2021 15:46
Layanan tes Covid-19 gratis bisa diakses masyarakat di Alun-alun Blitar.(Foto : Team JATIMTIMES)
Layanan tes Covid-19 gratis bisa diakses masyarakat di Alun-alun Blitar.(Foto : Team JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Satgas Penanganan Covid-19 Kota Blitar terus melakukan upaya memperluas testing di kalangan masyarakat umum. Diantaranya dengan membuka layanan rapid test antigen gratis. Layanan ini dibuka di alun-alun Kota Blitar setiap hari mulai 13 September 2021, pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB.

“Layanan rapid test antigen gratis ini dilakukan untuk memperluas testing di kalangan masyarakat umum. Jadi  tidak hanya kontak erat tapi menyeluruh ke masyarakat," kata Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, Senin (13/9/2021).

Baca Juga : Segera Diumumkan, Kabupaten Jember Optimis PPKM Turun Level

Hakim menambahkan, tidak ada target testing. Namun pelaksanaanya menyesuaikan reagen rapid tes antigen yang tersedia.

"Tidak ada target harus berapa dalam sehari. Jadi menyesuaikan saja. Kita sesuaikan dengan reagen rapid test antigen yang tersedia" imbuhnya.

Tak hanya masyarakat umum yang menjadi sasaran, Satgas Penanganan Covid-19 bersama dengan Pemkot Blitar juga memberlakukan tes Covid-19 menggunakan rapid antigen secara masif di kalangan ASN di lingkup Pemkot Blitar. Dalam sehari ditargetkan 400 ASN dites rapid antigen.

"ASN juga dites antigen. Hari ini ada 400 ASN yang kami tes," jlentrehnya.

Lebih dalam Hakim menyampaikan, nantinya jika ada izin kegiatan yang melibatkan banyak orang, panitia juga diminta melakukan rapid antigen terhadap tamu yang datang. Hal ini juga berlaku untuk warga Kota Blitar yang akan divaksinasi.

Baca Juga : Polresta Blitar Kota Amankan 11 Tersangka Narkoba, 3 Terlibat Sabu

"Rencana kami masyarakat sebelum divaksin di rapid antigen dulu," pungkasnya.

Sekedar diketahui, status Kota Blitar saat ini turun ke level 3.  Penurunan status dari level 4 ke level 3 ini setelah jumlah kasus dan BOR di rumah sakit rujukan Covid-19 turun. Untuk menjaga tren positif ini Pemkot Blitar melakukan upaya-upaya pencegahan. Salah satunya melakukan tes Covid-19 secara masif.

Topik
Penanganan Covid 19 Kota Blitar antigen gratis Vaksinasi

Berita Lainnya