Pernah Mimpi Dibangunkan Iblis? Ternyata ini Alasan Sosok Iblis Membangunkan Muslim Saat Waktu Salat | Blitar TIMES

Pernah Mimpi Dibangunkan Iblis? Ternyata ini Alasan Sosok Iblis Membangunkan Muslim Saat Waktu Salat

Jun 28, 2021 09:31
Ilustrasi iblis membangunkan manusia (nationalgeographic)
Ilustrasi iblis membangunkan manusia (nationalgeographic)

MALANGTIMES - Iblis merupakan mahluk yang menginginkan manusia berada dalam kesesatan. Ia mengerahkan segala daya upaya maupun ambisinya untuk menyesatkan anak Adam. Allah SWT sendiri telah memperingatkan kita untuk selalu waspada dan berhati-hati dengan iblis.

Allah telah memperingatkan melalui firman-nya," Hai Anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan, sebagaimana ia telah berhasil mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga"(QS Al Araf 27). 

Baca Juga : Gempa Gunung Kidul di Yogyakarta Terasa Hingga Tulungagung, Warga Berhamburan Pasca Subuh

Namun tahukah kamu, jika ternyata iblis pernah membangunkan Muawiyah untuk salat. Lalu bagaimana kisahnya?, penasaran?, mari simak ulasannya. 

Kisah tentang Khalifah pertama dinasti Mu'awiyah dan Iblis diabadikan dalam Jalaluddin Rumi dalam karyanya Matsnawi. Ketika itu, Mu'awiyah tengah tertidur dalam istana. Tak lama ia kemudian dibangunkan oleh seseorang asing yang ternyata diketahui merupakan sosok iblis.

Dari situ, kemudian terjadilah dialog antara Mu'awiyah dengan iblis. Khalifah kemudian bertanya pada Iblis, "mengapa kau membangunkan ku?". Iblis kemudian menjawab, "waktu saalat akan segera tiba dan aku khawatir engkau terlambat karena tertidur, wahai khalifah".

Khalifah kemudian menimpali perkataan iblis, "Tidak mungkin kau mengarahkan ku pada jalan yang benar. Tugasmu adalah menyesatkan umat manusia dari jalan yang benar".

Iblis kemudian menjawab, "ketahuilah wahai Khalifah, 700 tahun aku mengabdi kepada Allah. Meskipun aku akhirnya membangkang-Nya. Aku membangkang-Nya bukan karena mengkufuri-Nya, tapi karena rasa cemburuku terhadap Adam. Aku masih mencintai-Nya wahai Khalifah".

Meskipun begitu, Khalifah kemudian mengatakan tetap tidak mempercayai ucapan dari Iblis. "Aku tetap tidak akan mempercayai perkataanmu. Perkataannu seperti ucapan pemburu yang berlagak halus kepada buruannya untuk membunuhnya. Kau yang menyebabkan kehancuran umat Nuh, Kaum Adam, Kaum Luth. Firaun dan seterusnya".

Iblis kemudian mengatakan pada Khalifah, "kau sungguh salah besar Khalifah jika menganggapku sebagai penyebab kehancuran umat manusia terdahulu. Siapakah akau yang bisa menentukan kejahatan di muka bumi. Aku hanyalah boneka Allah yang tidak berdaya dihadapan kekuasaan-Nya" jawab iblis untuk meyakinkan Khalifah.

Baca Juga : Komedi Romantis hingga Thriller, Berikut 6 Drama Korea Terbaru Tayang Juli 2021

Khalifah Muaiwiyah kemudian berdoa kepada Allah, agar dilindungi dari godaan dan gangguan iblis yang bisa menjerumuskan manusia. Selain berdoa, Khalifah terus berupaya untuk mendapatkan jawaban kebenaran mengapa iblis membangunkannya untuk salat. 

Namun tak semudah itu membuatnya untuk bicara yang sebenarnya. Ia terus saja mencari-cari alasan dan mengatakan bahwa bukan dia yang menyebabkan kehancuran umat manusia. Namun hawa nafsu yang dimiliki manusialah.

Hal itu membuat Khalifah mengecam iblis dan akhirnya mau mengungkapkan kebenaran mengapa membangunkannya untuk shaat. Iblis kemudian berkata, "baiklah Khalifah, aku akan mengungkapkan alasanku membangunkanmu untuk melaksanakan salat tepat waktu. Jika engkau tertidur dan kehilangan waktu sallat, maka engkau akan sangat menyesal. Penyesalan dirimu akan membawa kepada zikir Allah dengan penuh penyesalan. Zikir penyesalan itu lebih kutakuti daripada salatmu, wahai Khalifah. Sebab setiap zikir penyesalan yang kau sampaikan kepada Allah itu bernilai 200 kali lebih banyak daripada salat atau doa biasa".

Nah sahabat MalangTIMES yang beriman, itulah tadi kisah iblis yang membangunkan Mu'wiyah untuk shalat. Ternyata meskipun berniat baik, akan tetapi tetap terdapat maksud tertentu, dimana iblis ternyata lebih takut akan orang yang melakukan zikir penuh penyesalan. Apa yang diulas di atas dari Channel Islam Populer kiranya bisa memberikan manfaat untuk kita semua terus menambah keimanan kepada Allah SWT.

Topik
sosok iblis sosok iblis Kisah Sahabat Rasulullah dunia islam

Berita Lainnya