Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar akan mulai melakukan vaksinasi Covid-19 pada Jumat (15/1/2021). Hal itu diungkapkan Sekretraris Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Miftakhul Huda. 

Menurut Huda, dalam waktu dekat vaksin Covid-19 Sinovac akan segera didistribusikan di setiap wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur. Namun, saat ini vaksin sinovac masih berada di Provinsi Jawa Timur menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Baca Juga : Vaksinasi Nasional Dimulai, Tulungagung Belum Ada Kepastian Waktu

“Sesuai petunjuk yang kami terima, rencananya pelaksanaan vaksin sinovac perdana di setiap Kabupaten/Kota akan dilaksanakan pada tanggal 15 Januari setelah pemerintah pusat dan provinsi,” terang Huda. 

Dikatakannya, Kabupaten Blitar akan menerima vaksin Covid-19 sinovac jika izin BPOM sudah keluar. Diharapkan vaksinasi yang dilakukan nanti akan dapat mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Blitar. 

“Jika vaksin sinovac sudah memiliki izin edar maka nantinya setiap wilayah segera mendapat kuota. Karena pastinya masing-masing wilayah di Jawa Timur berbeda pendistribusiannya. Kami berharap, adanya vaksin sinovac dapat mengendalikan penyebaran virus corona di Kabupaten Blitar,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, vaksin Covid-19 di Kabupaten Blitar akan diberikan empat tahap. Tahap pertama vaksinasi akan menyasar tenaga kesehatan, kedua TNI-Polri, ketiga orang-orang yang melakukan pelayanan public. Adapun vaksinasi terakhir atau tahap keempat adalah masyarakat dengan usia 18 – 59 tahun. Teknis pemberiannya secara nasional sama yakni secara bertahap.

Adapun rincian penerima vaksin Covid-19 tahap awal nanti, untuk tenaga kesehatan berjumlah 4.644 orang, TNI sebanyak 656 orang, Polri 721 orang, Satpol PP 70 orang, serta petugas pelayanan masyarakat yang bertugas di terminal, Damkar, PLN, dan PDAM sebanyak 324 orang. Sedangkan masyarakat penerima vaksin Covid-19 dengan usia 18 sampai 59 tahun jumlahnya mencapai ratusan ribu.