Ketua DPC GMNI Blitar, Ardan Abadan
Ketua DPC GMNI Blitar, Ardan Abadan

Vaksinasi Sinovac Covid-19 akan dilakukan oleh Pemerintah. Mahasiswa Blitar yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) mendukung penuh program tersebut. 

Pemerintah pusat akan melakukan vaksinasi Covid-19 secara serentak di seluruh Indonesia. Vaksin telah didistribusikan ke semua daerah termasuk Provinsi Jawa Timur dan akan didistribusikan di antaranya ke Kota Blitar dan Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Gus Nuril Tak Setuju Vaksin Covid, Mohon Maaf kepada Jokowi

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GMNI Blitar, Ardan Abadan mengungkapkan, pihaknya merespons baik program vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah. Vaksinasi Covid-19 dinilai sangat penting untuk mencegah penularan Covid-19 yang akhir-akhir ini mengalami trend kenaikan. 

“Selain mencegah penularan, program vaksinasi dapat menjadi angin segar bagi kondisi sosial dan ekonomi saat ini. Dengan adanya vaksinasi Covid-19 kekebalan tubuh masyarakat akan meningkat dan penyebaran virus dapat ditekan maksimal. Dan tentunya, ekonomi masyarakat akan dapat kembali bergerak," ucap Ardan. 

Dikatakanya, GMNI Blitar menilai dimulainya vaksinasi ini akan memberikan rasa optimistis di kalangan masyrakat. Terlebih BPOM telah mengeluarkan izin vaksinasi.

“Kami berharap besar vaksinasi ini dapat menjadi jalan keluar untuk mengendalikan laju Covid-19," tegasnya.

Diharapkannya, selanjutnya vaksin bisa memberikan jaminan kepada masyarakat, serta percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Memang kalau hanya mengandalkan disiplin masyarakat ini maka hanya membuat pandemi berlangsung berkepanjangan. Dengan disiplin masyarakat dan vaksin proses recovery kita bisa lebih cepat, ekonomi bisa cepat pulih,” tegasnya. 

Lebih dalam Ardan menghimbau kepada masyarakat tetap mewaspadai penyebaran virus dan disiplin menerapkan protokol Covid-19. Menjelang pelaksanaan vaksinasi masyarakat dihimbau untuk tetap menerapkan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Di samping pemerintah juga tetap melaksanakan 3T (Tracing, Testing, dan Treatment).

“Di sisi lain selaku pemuda sudah seharusnya pemuda harus berani menjadi garda terdepan dan menjadi relawan dalam menerima vaksin sebagai upaya meyakinkan generasi muda pentingnya vaksin. Pemuda harus siap jadi relawan uji vaksin untuk yakinkan pemuda terkait pentingnya vaksin, ini dalam rangka mendukung setiap langkah dan upaya pencegahan penularan Covid-19,” pungkasnya.