Pangdam V Brawijaya Beri Arahan di Kodim 0818, Selasa (12/1/2021)
Pangdam V Brawijaya Beri Arahan di Kodim 0818, Selasa (12/1/2021)

Angka kematian lantaran covid-19 di Indonesia terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Bukan hanya masyarakat sipil, angka kematian yang tinggi lantaran penyakit yang menyerang organ pernapasan itu juga menimpa anggota TNI. Sehingga, upaya untuk menekan angka kematian itu terus digalakkan.

Dalam rangka kunjungan Pangdam V Brawijaya di Kodim 0818, Mayjen TNI Suharyanto pun memberi arahan kepada anggota Kodim 0818 terkait menjaga kesehatan di masa pandemi ini. Pasalnya, anggota yang bertugas di Pangdam sudah banyak yang meninggal, diantaranya disebabkan oleh covid-19.

Baca Juga : Kapolres Malang Ingatkan Patuhi Prokes selama Penerapan PPKM

"Meninggal gara-gara covid-19 ada 37 anggota. Biasanya dia punya riwayat penyakit komorbid, yang punya riwayat penyakit tidak usah masuk kantor WFH (Work From Home) saja. Semua rata-rata masih muda dibawah umur saya. Salah satunya ada yang obesitas (kegemukan)," jelasnya, Selasa (12/1/2021).

Selain itu, ia juga memberi arahan kepada anggotanya untuk menegakan protokol kesehatan (prokes).

“Selama pandemi ini, saya perintahkan kegiatan harus diatur sedemikian rupa dan harus mengikuti aturan,” terangnya.

Dia pun meminta agar anggota yang usianya 50 tahun ke atas agar melakukan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah dan dilarang masuk ke kantor. Kemudian agar menerapkan prokes 3 M harus ditegakan dan jangan sembrono. 

"Saya keliling tujuan untuk memperhatikan kalian agar harus lebih mementingkan kesehatan," ujarnya

Baca Juga : Update Lengkap Hasil Evakuasi Sriwijaya Air SJ182, Puing Pesawat, Korban hingga Black Box

Lanjutnya, ia menerangkan terkai penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Seperti halnya pembatasan  kegiatan di dalam kantor harus 25 persen.

"Para anggota harus memberi contoh kepada masyarakat terkait PPKM. Terapkan hindari kerumunan dan kegiatan selesai di pukul 19.00 WIB," pungkasnya.