Sekda Kab Blitar Totok Subihandono memimpin ziarah nasional dan tabur bunga di  TMP Raden Wijaya Kota Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Sekda Kab Blitar Totok Subihandono memimpin ziarah nasional dan tabur bunga di TMP Raden Wijaya Kota Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Sejumlah pejabat dan aparatur sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, mengikuti ziarah nasional dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Raden Wijaya, Jalan Sudanco Supriadi, Kota Blitar, Minggu (29/11/2020). 

Kegiatan ziaran nasional dan tabur bunga itu dilakukan dalam rangka mengenang jasa pahlawan, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-49 di Kabupaten Blitar. HUT ke-49 Korpri Tahun 2020 mengusung tema “Korpri : Berkontribusi, Melayani dan Mempersatukan Bangsa”.

Baca Juga : Sidang Paripurna Istimewa Digelar, Peringati 1.260 Tahun Kabupaten Malang dengan Khidmat

Pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar Totok Subihandono, bertugas sebagai Inspektur Upacara (Irup). Selain itu, Totok juga memimpin kegiatan ziarah dan tabur bunga.

Ditemui awak media, Sekda Totok Subihandono mengungkapkan, HUT ke-49 Korpri Tahun 2020 memang sengaja diperingati secara sederhana di Kabupaten Blitar. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT Korpri tahun ini hanya diisi dengan kegiatan ziarah nasional dan tasyakuran sederhana karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“HUT ke-49 Korpri Tahun 2020 ini memang sengaja dilaksanakan secara sederhana. Kalau biasanya diawali dengan upacara, tabur bunga, ada lomba-lomba, resepsi dan sebagainya. Di era pandemi Covid-19 ini sesuai dengan petunjuk DPP Korpri Pusat, kita tidak boleh menyelenggarakan kegiatan upacara dan yang lain. Kecuali hanya tabur bunga dan tasyakuran sederhana,” ungkap Totok. 

Totok menambahkan, setelah ziarah nasional ini, Pemkab Blitar akan mengisi rangkaian acara HUT Korpri dengan memberikan training motivasi kepada ASN melalui webinar yang digelar pada Senin (30/11/2020). Diharapkan ke depan, Korpri bisa menjadi panutan dan terdepan dalam melayani masyarakat. 

“Itu saja kegiatan kita di HUT Korpri Tahun 2020. Harapanya di era pandemi ini Korpri bisa menjadi yang terdepan, menjadi contoh, menjadi panutan dan tetap semangat dalam melayani kebutuhan masyarakat. Kami juga mendorong agar Korpri menjadi teladan dalam pencegahan Covid-19 dengan disiplin  melaksanakan protokol kesehatan mulai dari pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” tandasnya.

Lanjutnya, HUT ke-49 Korpri  ini juga menjadi motivasi bagi Pemkab Blitar untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berkualitas. Sehingga akan membuat masyarakat senang berkat kemajuan layanan di segala bidang pembangunan. 

“Pelayanan publik tentunya harus terus ditingkatkan. Alhamdulilah di tahun 2020 ini banyak sekali prestasi-prestasi yang diperoleh Kabupaten Blitar di bidang pelayanan publik, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional,” pungkasnya.(Adv/Kmf)