Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati (Foto: Aunur Rofiq/ JatimTIMES)
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati (Foto: Aunur Rofiq/ JatimTIMES)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar akan menerapkan kebijakan-kebijakan baru di tahun 2021. Kebijakan-kebijakan baru ini diterapkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk). Salah satunya perubahan nomor Whatsapp (WA) Center. 

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati mengungkapkan, di tahun 2021 nanti Dispendukcapil Kabupaten Blitar akan memiliki 3 nomor WA Center. Nomor tersebut masing-masing 0895333222226 untuk Tempat Layanan Adminduk (TLA) Srengat. 0895333222227 untuk Kantor Dispendukcapil Kabupaten Blitar. Dan 0895333222228 untuk nomor WA Center TLA Wlingi. 

Baca Juga : Mendes PDTT Harapkan Empat Hal untuk Hari Jadi Kabupaten Malang yang ke-1260 Tahun

“Salah satu kebijakan baru kami adalah perubahan WA Center. Meskipun diubah, tapi nomornya mudah diingat, yang beda cuma angka terakhir, kalau TLA Srengat angka terakhirnya 6, Kantor Dispendukcapil angka terakhirnya 7 dan TLA Wlingi angka terakhirnya 8,” terang Luhur kepada JATIMTIMES, Jumat (27/11/2020). 

Dikatakanya, WA Center perlu disempurnakan dengan harapan masyarakat mudah mengingat dan tidak bingung lagi. Dengan WA Center yang sempurna akan cepat familiar dan semakin aktif menggunakan layanan ini. 

“Dengan perubahan nomor yang baru ini harapan kami warga mudah mengingatnya. Pembagian wilayah TLA Srengat, Kanigoro, dan Wlingi sudah jelas,” imbuhnya. 

Luhur menambahkan, melalui WA Center ini masyarakat bisa menanyakan persyaratan-persyaratan pengurusan dokumen adminduk. Melalui WA Center ini pemohon juga bisa meminta dokumen adminduknya dengan format PDF. 

“Karena tidak semua masyarakat yang ngurus dokumen itu ada di desa yang bersangkutan. Nah, yang bersangkutan bisa menanyakan persyaratan dokumen melalui WA Center. Cara ngurusnya bagaimana?, syaratnya apa saja. Lalu pemohon juga bisa meminta dokumen format PDF, syaratnya menggunakan nomor yang benar-benar milik pemohon,” terangnya.

Baca Juga : Urus SKPWNI, Ini Persyaratannya Menurut Dispendukcapil Kabupaten Blitar

Lebih dalam Luhur mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan layanan WA Center agar bersabar. Hal ini dikarenakan ada ratusan orang yang setiap hari mengakses layanan ini. 

“Untuk menjawab satu pertanyaan butuh sekian menit untuk menjawab. Jadi ketika ada 100 orang yang bertanya butuh 300 menit untuk menjawab, butuh 5 jam, rasionalnya kan seperti itu. Nah, oleh sebab itu WA Center ini kita pecah menjadi tiga untuk mengurangi tumpukan pertanyaan.  Harapanya nanti setiap hari tidak kurang dari 150 pertanyaan per center. Ini yang harus kita pahamkan kepada masyarakat, bahwa teman-teman di Dukcapil benar-benar bekerja,” pungkasnya.