Rektor Unisba Blitar Soebiantoro memberikan sambutan di aganda yudisium sarjana tahun 2020. (Foto: Malik Naharul/BlitarTIMES)
Rektor Unisba Blitar Soebiantoro memberikan sambutan di aganda yudisium sarjana tahun 2020. (Foto: Malik Naharul/BlitarTIMES)

Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar Yudisium Sarjana tahun akademik 2019/2020 di Aula Kampus I Unisba Blitar, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Sabtu (21/11/2020).

Pelaksanaan Yudisium Unisba kali ini agak berbeda, pasalnya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 bagi seluruh tamu undangan. Sementara itu, bagi para peserta yudisium, pihak kampus telah menyampaikan bahwa prosesi yudisium dilaksanakan virtual via Zoom meeting dan siaran langsung via YouTube.

Baca Juga : Jadi Keynote Speaker Ajang ABA Awards 2020, Kadisdikbud Beberkan Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi

Dalam prosesi yudisium kali ini, Unisba meluluskan sebanyak sebanyak 645 mahasiswa dari 8 fakultas. 

Di antara peraih IPK terbaik diantaranya Reza Sri Devi Salsabilla, S.Pd (3,83) mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan; Ratna Dwi Mei Wulandari, S.Ak (3,79) mahasiswa Fakultas Ekonomi; Yudhistira Wahyu Dewantara, S.I.Kom (3,76) mahasiswa Fakultas Sosial dan Ilmu Politik; Didik Eko Wiyono, S.Kom (3,76) mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi; Fatma Nuari Ramadhanti, S.P (3,65) mahasiswa Fakultas Pertanian; Tariya Arsono Putra, S.H (3,62) mahasiswa Fakultas Ilmu Hukum; Eko Bayu Widianto, S.T (3,55) mahasiswa Fakultas Teknik; dan Oryza Septian Hanaditya, S.Pt (3,52) mahasiswa Fakultas Peternakan.

Rektor Unisba Blitar, Drs. Soebiantoro MS.i, dalam sambutannya berpesan, lulusan Unisba Blitar harus memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, budi pekerti luhur, keleluasaan ilmu, kritis, konstruktif, kreatif dan inovatif. Serta memiliki daya saing dalam dunia kerja. Lulusan Unisba diharapkan mampu menjadi entrepreneur profesional, menciptakan pekerjaan dan membawa manfaat bagi masyarakat luas.

“Lulusan Unisba diharapkan bisa membawa manfaat dengan mengamalkan ilmunya di masyarakat dan memberikan keteladanan hidup berdasarkan ajaran Islam serta mampu mengamalkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, yakni Pancasila. Diharapkan lulusan Unisba juga mampu menjawab persoalan-persoalan di masyarakat, berjiwa entrepreneur, menciptakan lapangan pekerjaan," ujar Rektor.

Dia menambahkan, saat ini Unisba terus melakukan pengembangan kualitas institusi. Termasuk kerja sama dengan perguruan tinggi lain baik di dalam maupun luar negeri. Pihak kampus juga menggandeng dunia usaha dan industri, serta instansi pemerintahan guna menunjang kualitas akademik.

Baca Juga : Kabupaten Blitar Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka Jika Sudah Zona Kuning

"Meskipun dengan fasilitas yang sangat terbatas oleh karena itu terus tambah berkreasi berinovasi dan berprestasi. Kita terus bekerja keras dengan penuh kesabaran untuk membenahi sarana prasarana kampus dan membangun insan yang positif serta berbudaya yang baik. Kita juga terus mengejar ketertinggalan pada masa pandemi," tambahnya.

Lebih lanjut Rektor berpesan, lulusan Unisba harus bisa tampil berbeda dengan orang kebanyakan. Dikarenakan integritas komitmen dan disiplin diri yang telah ditempa selalu diutamakan bermanfaat dalam sendi-sendi kehidupan serta selalu di atas tatanan nilai-nilai peradaban yang luhur. 

"Untuk itu kalian harus senantiasa sabar dan Istiqomah dalam meningkatkan kebenaran dan bersikap profesional dalam menjalankan tugas profesi kalian di masyarakat. Pertahankan selalu tingkatkan integritas diri kalian sebagai seorang Intelektual dan sebagai alumnus Universitas Islam Balitar yang membanggakan. Saya ingatkan juga bahwa ciri khas dari pada lulusan yang kita harapkan yaitu alumnus harus memiliki keluhuran akhlak, kedalaman spritual, keluasan ilmu dan kematangan profesional. Memiliki kreativitas dan berjiwa entrepreneur, serta memiliki kompetensi yang tinggi, memiliki daya saing global itulah manfaat bagi negara dan bangsa Republik Indonesia ini," pungkasnya.