Webinar dengan tema Update Terkini Tata Laksana Covid-19 digelar Dinas Kesehatan Kab Bblitar dan RS Medika Utama.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Webinar dengan tema Update Terkini Tata Laksana Covid-19 digelar Dinas Kesehatan Kab Bblitar dan RS Medika Utama.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar bekerjasama dengan Rumah Sakit Medika Utama gelar Webinar Ilmiah dengan tema “Update Terkini Tata Laksana Covid-19”, Sabtu (21/11/2020). Kegiatan ini digelar dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 di Kabupaten Blitar. 

Webinar ilmiah ini diikuti 500 peserta dari kalangan tenaga kesehatan dari seluruh Kabupaten Blitar melalui aplikasi Zoom. Para peserta mendapat paparan materi dari tiga narasumber yakni dr Didik Purbandiyono (Update Covid-19 Pada Pasien Dewasa), dr Puspita Handayani (Pelayanan Maternal di Era Covid-19), dr Peni Budi Nurhayati (Pemeriksaan Penunjang Covid-19) dan Zaenal Fanani (Keperawatan dalam Pandemi Covid-19). Webinar dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dr Kuspardani. 

Baca Juga : Dua Hari Beruntun, Data Pasien Covid-19 yang Sembuh di Kabupaten Malang Tidak Bertambah

Kepala Rumah Sakit Medika Utama Kanigoro, dr Rudy Surya K Hedo mengungkapkan, webinar ilmiah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 di Kabupaten Blitar. Melalui webinar dan tema HKN tahun ini diharapkan tenaga kesehatan tetap menjadi garda terdepan dalam penanganan dan memberikan edukasi Covid-19 kepada masyarakat.

“Nakes jangan pernah lelah untuk memberikan edukasi pentingnya protokol kesehatan (Prokes). Prokes ini harus benar-benar diterapkan di seluruh lini kehidupan di era new normal life. Pola-pola baru harus menjadi kebiasaan,” kata dr Rudi.

Selain memberikan edukasi, nakes juga harus menggunakan keilmuannya untuk menangani kasus-kasus Covid-19. Nakes juga diharapkan konsisten menjadi garda terdepan dalam mempertahankan ketahanan kesehatan di Indonesia. 

Mewakili insan-insan kesehatan, dr Rudi berpesan kepada masyarakat untuk menjaga diri dan keluarga. Protokol kesehatan harus benar-benar disiplin diterapkan agar terhindar dari penyakit Covid-19.

“Kluster-kluster keluarga akhir-akhir ini semakin tinggi kasusnya. Kami berpesan, pola kehidupan baru ini nanti agar betul-betul dilaksanakan sampai akhir tahun atau awal tahun depan vaksin Covid-19 bisa digunakan oleh masyarakat,” tukasnya. 

Baca Juga : Penambahan Kasus Covid-19 Tinggi, Kota Blitar Kembali ke Zona Oranye

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Kuspardani di kesempatan ini memberikan apresiasi kepada panitia kegiatan HKN ke-56 di Kabupaten Blitar, Rumah Sakit Medika Utama dan tenaga kesehatan di Kabupaten Blitar. Diharapkan dengan webinar ilmiah ini dapat memberikan edukasi kepada nakes dan masyarakat sehingga angka kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar bisa cepat turun.

“Edukasi pentingnya protokol kesehatan harus terus-menerus kita sampaikan kepada masyarakat agar kasus Covid-19 turun dan Kabupaten Blitar kembali ke zona hijau. Begitupun dengan nakes agar terus bekerja semaksimal mungkin, semoga ihtiar perjuangan ini menjadi amal ibadah bagi seluruh nakes yang jadi garda terdepan penanganan Covid-19,” pungkasnya.(Adv/Kmf)