DLH Kabupaten Blitar dan elemen masyarakat dan pegiat lingkungan sinergi tanam pohon peneduh
DLH Kabupaten Blitar dan elemen masyarakat dan pegiat lingkungan sinergi tanam pohon peneduh

Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kembali menggencarkan gerakan penanaman pohon di Kabupaten Blitar. Di antaranya penanaman pohon peneduh dalam rangka pemulihan kualitas lingkungan. 

Penanaman pohon peneduh di tahun 2020 ini dianggarkan sekitar Rp 37 juta yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Total ada 250 bibit pohon peneduh jenis ketepeng kencana ditanam di beberapa kecamatan di antaranya Kanigoro, Wlingi, Sutojayan dan Binangun. Pohon peneduh tersebut ditanam di ruas jalan-jalan utama. 

Baca Juga : Bapenda Banyuwangi Apresiasi Kades Yosomulyo Beri Hadiah bagi Pembayar Pajak Disiplin

Kepala Seksi Pengawasan Dampak Lingkungan DLH Kabupaten Blitar, Zainal Qolis mengungkapkan, gerakan tanam pohon peneduh ini didasari urgensi kebutuhan penyelamatan lingkungan. Dalam gerakan ini DLH berkolaborasi dengan pemerintah desa/kelurahan, pegiat lingkungan dan organisasi kemasyarakatan.

“Tujuan dari penanaman pohon peneduh ini adalah untuk pemulihan lingkungan. Karena selama ini kita sadari ada penurunan kualitas lingkungan. Sehingga dengan penanaman pohon ini bisa menjadi pemulihan kualitas lingkungan utamanya kualitas udara. Udara yang berkualitas ini penting bagi kesehatan manusia,” kata Zainal. 

Penanaman pohon peneduh ini telah mulai dilaksanakan oleh DLH Kabupaten Blitar. Beberapa daerah yang sudah disasar di antaranya di Kecamatan Binangun. Dan hari ini Jumat 20 November penanaman pohon peneduh dilaksanakan di dua desa/kelurahan di Kecamatan Wlingi masing-masing di Kelurahan Beru dan Desa Tegalasri. 

“Kita sudah laksanakan penanaman. Beberapa waktu lalu di Binangun dan hari ini di Beru dan Tegalasri Kecamatan Wlingi,” terangnya. 

Baca Juga : Tingkatkan Potensi Wisata di Era Pandemi Covid-19,Disparbud Gandeng Pelaku Industri Wisata

Lebih dalam Zainal menyampaikan, DLH Kabupaten Blitar tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian bumi. Dalam hal ini DLH mengajak seluruh masyarakat untuk menanam pohon di lingkungan rumah masing-masing. 

“Pesan kami untuk masyarakat, ayo kita menanam pohon, agar kualitas udara bisa meningkat, polusi udaha terkurangi dan menjadikan lingkungan lebih asri dan indah,” pungkasnya.(Adv/Kmf)