Polisi dan warga mengevakuasi pohon tumbang akibat bencana puting beliung
Polisi dan warga mengevakuasi pohon tumbang akibat bencana puting beliung

Bencana hidrometeorologi menerjang wilayah Desa Sidorejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Kamis (19/11/20200. Kali ini angin puting beliung sapu permukiman saat hujan mengguyur deras. Akibatnya sejumlah pohon dilaporkan tumbang dan merusak dua rumah dan dua kandang puyuh. 

“’Siang tadi di wilayah Desa Sidorejo hujan deras diikuti angin kencang atau  puting beliung. Peristiwa ini mengakibatkan rusaknya dua rumah dan dua kandang puyuh,” ungkap Kapolsek Ponggok, AKP Sony Suhartanto. 

Dua rumah yang rusak akibat bencana putih beliung ini masing-masing rumah milik Mariyam (80), mengalami kerusakan pada atap rumah akibat tertimpa pohon sengon yang tumbang. Beruntung saat kejadian ini si pemilik rumah sedang berada di Surabaya. Pohon tumbang juga menimpa rumah milik Sukarni (60). Dilaporkan atap rumah Sukarni rusak akibat tertimpa pohon kenanga.

 Kerugian juga dialami seorang warga bernama Tutik (50) setelah kandang puyuh miliknya  tertimpa pohon sengon yang tumbang. Terakhir Imam (60) juga mengalami kerugian akibat kandang puyuh miliknya tertimpa pohon sengon. “Begitu menerima laporan kami langsung meluncur ke lokasi kejadian. Kami bantu warga membersihkan sisa-sisa pohon yang menimpa rumah serta melintang di badan jalan," terangnya.

Untuk penanganan lebih lanjut terhadap rumah yang rusak, Polsek Ponggok berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Blitar untuk keperluan identifikasi. “Untuk mengidentifikasi rumah yang rusak guna penanganan lebih lanjut kami berkoordinasi dengan BPBD,” pungkas Sony.