Penambahan Kasus Covid-19 Tinggi, Kota Blitar Kembali ke Zona Oranye | Blitar TIMES

Penambahan Kasus Covid-19 Tinggi, Kota Blitar Kembali ke Zona Oranye

Nov 18, 2020 15:19
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)

Meningkatnya tren kasus peningkatan Covid-19 membuat Kota Blitar kembali ke zona oranye penyebaran Covid-19. Dilaporkan dalam sepekan terakhir ada 11 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ditambah dua pasien positif dinyatakan meninggal dunia.

“Di Kota Blitar ada tren kenaikan kasus Covid-19. Kondisi ni membuat status Kota Blitar yang sudah sempat turun ke zona kuning kembali ke zona oranye," ungkap Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga : Tambah 7 Orang, Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Malang Meningkat Jadi 1.113 Kasus

Dikatakannya, diduga penambahan kasus yang cukup signifikan ini disebabkan tingginya mobilitas dan aktivitas warga saat cuti bersama libur panjang pada Oktober kemarin. 

“Kemungkinan akibat dari libur panjang bulan Oktober kemarin. Kemudian ditambah dengan masa inkubasi selama 14 hari jadi penambahannya cukup pesat pada minggu-minggu ini," tukasnya. 

Hakim menambahkan, selain tingginya penambahan kasus, indikator lain yang membuat Kota Blitar naik lagi ke zona oranye adalah kasus kematian.

”Kota Blitar kembali ke zona oranye juga disebabkan kasus kematian. Dalam sepekan terakhir ada dua pasien Covid-19 yang meninggal dunia,” terang Hakim. 

Baca Juga : Kordes-Korcam Krisdayanti Bersinergi dengan BPJS Kesehatan Malang sebagai Relawan

Lebih dalam Hakim menyampaikan, dua pasien Covid-19 yang meninggal dunia tersebut diketahui merupakan kontak erat dari kasus konfirmasi yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid. 

"Pasien yang meninggal dunia ini diketahui juga ada keluarganya yang positif Covid-19,” tutupnya. 

Topik
Berita Blitar

Berita Lainnya