Surat suara Pilkada Kota Blitar 2020 disimpan di gudang logistik KPU di Jalan Cemara. (Foto: Dokumen JatimTIMES)
Surat suara Pilkada Kota Blitar 2020 disimpan di gudang logistik KPU di Jalan Cemara. (Foto: Dokumen JatimTIMES)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar menerima kedatangan logistik Pilkada Kota Blitar berupa surat suara. Dilaporkan sebanyak 119.888 lembar surat suara tiba di Kota Blitar pada Selasa (17/11/2020) sore.

Setelah tiba di Kota Blitar, surat suara tersebut disimpan di gudang KPU di Jalan Cemara Kota Blitar. Jumlah surat suara tersebut sudah termasuk 2,5 persen cadangan dan 2.000 lembar untuk pemungutan suara ulang (PSU). 

Baca Juga : Kiai Nawawi Dawuh Warga Sumenep dan Alumni Ponpes Sidogiri Dukung Fauzi-Nyai Eva

“Alhamdulilah, surat suara Pilkada Kota Blitar sudah tiba di Kota Blitar. Kita simpan di gudang logistik di Jalan Cemara,” ungkap Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam.

Dia mengatakan, ada dua jenis logistik yang akan digunakan dalam Pilkada Kota Blitar di masa pandemi tahun ini. Pertama, logistik yang berkaitan dengan Alat Pelindung Diri (APD). Kedua, logistik non-APD. "Nah, logistik non-APD ini termasuk kotak suara dan surat suara," terangnya. 

Lebih dalam, Umam menyampaikan, setelah kedatangan surat suara ini pihaknya belum menjadwalkan penyortiran dan pelipatan. Belum pastinya jadwal ini karena KPU Kota Blitar masih menunggu kedatangan ATK yang ada hubungannya dengan sortir dan lipat. 

“Kami berharap ketika proses sortir dan lipat ini nanti semua barang sudah ada sehingga tidak nyari lagi. Kami proyeksikan sortir dan lipat ini memakan waktu tiga hari,” terangnya.

Baca Juga : Optimalkan Layanan Kesehatan, Paslon SanDi Siapkan Program Makpon

Dalam melaksanakan penyortiran dan pelipatan nanti KPU Kota Blitar akan menggunakan tenaga dari PPK dan PPS.

“Untuk sortir dan lipat kami butuh 40 orang tenaga. Agar lebih aman, rencananya kami menggunakan tenaga para PPK dan PPS," pungkasnya.