Asisten Ekobang Setda Pemkab Blitar Tuti Komaryati menyerahkan bantuan Kolega secara simbolik.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Asisten Ekobang Setda Pemkab Blitar Tuti Komaryati menyerahkan bantuan Kolega secara simbolik.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) menggelar sosialisasi Inovasi Kolam Lele Keluarga (Kolega) di Pendopo Agung Ronggo Hadi Negoro, Selasa (17/11/2020). 

Sosialisasi ini dibuka Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemkab Blitar Tuti Komaryati mewakili pjs bupati Blitar. Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Disnakan Kabupaten Blitar drh Adi Andaka, Pjs Ketua Penggerak  PKK Kabupaten Blitar Ny Wilis Budi Santosa, dan tamu undangan lainya. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Bidang (Kabid) Budidaya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Heru Pranoto. 

Baca Juga : Disnakan Gencarkan Pendataan, Jumlah Nelayan di Kabupaten Blitar Terus Meningkat

Selain memberikan sosialisasi, dalam kesempatan ini, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur serta Pemkab Blitar juga memberikan bantuan kolam lele keluarga kepada 40 warga Kabupaten Blitar. 

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Blitar Tuti Komaryati mengungkapkan, kegiatan sosialisasi Inovasi Kolam Lele Keluarga ini dimaksudkan memberi peningkatan gizi keluarga bagi rumah tangga yang terdampak covid-19.

“Kegiatan ini saya yakin sangat memberikan manfaat kepada keluarga-keluarga di Kabupaten Blitar yang selama pandemi ini banyak tinggal di rumah. Dengan Kolega ini, kegiatan ekonomi akan tetap ada. Kegiatan ekonomi ini tidak boleh berhenti,” ungkap Tuti.

Dikatakannya, program Kolega ini tidak akan berhenti sampai di tingkat sosialisasi. Setelah sosialisasi ini, Pemkab Blitar akan memantau seberapa jauh perkembangan program Inovasi Kolega yang praktiknya telah diterapkan masyarakat.

“Kita akan lihat hasilnya ke depan seperti apa. Pesan kami, setelah ada bantuan ini, tolong program Kolega ini dilaksanakan dengan baik. Kami juga sudah meminta kepada Disnakan untuk memantau secara intens, agar apabila nanti ada program bantuan lainnya, maka program Inovasi Kolega ini bisa menjadi percontohan,” tukasnya.

Ditemui di kesempatan yang sama, Kepala Disnakan Kabupaten Blitar drh Adi Andaka menyampaikan, sosialisasi dan bantuan Inovasi Kolega merupakan program bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur untuk penanganan stunting di Kabupaten Blitar. 

“Ikan lele yang dibudidayakan melalui kolega ini diharapkan nanti bisa untuk konsumsi harian. Melalui program ini, warga difasilitasi mulai dari kolamnya, bibitnya, pakan, dan cara pembudidayaanya,” kata Adi.

Baca Juga : Serius Garap Ringroad Timur Kota Madiun, Besok Mulai Pengukuran

Disnakan Kabupaten Blitar mendorong agar program Inovasi Kolega ini ke depan bisa berkelanjutan. Dengan program berlanjutan, warga yang menerapkan Inovasi Kolega diharapkan bisa mandiri beternak ikan lele sehingga dapat meningkatkan gizi dan perekonomian keluarga.

“Kolega ini program baru. Dengan program ini, kami harapkan ke depan di Kabupaten Blitar tidak ada stunting lagi,” pungkasnya. 

Sosialisasi kali ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19. Itu dilakukan sebagai dukungan pencegahan penyebaran covid-19 di. Selain bantuan kolam ikan lele keluarga, pada kesempatan ini Pemkab Blitar juga memberikan bantuan sarana dan prasarana tangkap dan budidaya kepada nelayan dan peternak ikan.(Adv/Kmf)