Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Setiap muslim tentu pernah melakukan perbuatan dosa. Namun Allah SWT pasti akan memberikan ampunan kepada setiap umat yang mau bertaubat. Itu pula yang selama ini selalu diajarkan oleh Rasulullah SAW melalui berbagai riwayat sahih yang diturunkan dan dipelajari hingga sekarang.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW pernah menyampaikan jika ada banyak hal yang bisa memperbaiki seorang muslim. Terutama bagi mereka yang senantiasa bertaubat dan menjalankan apa yang diperintahkan Allah SWT. Bukan hanya hal-hal besar, berbagai hal kecil yang sering dilakukan pun mampu menghapuskan dosa.

Baca Juga : Sempat Merasa Ragu, Begini Cara Nabi Musa Kalahkan 10 Ribu Penyihir Fir'aun

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian yang diunggah di channel YouTube Khalid Basalamah menyampaikan, sebuah riwayat menyebutkan jika ada seorang muslim yang mendapat pengampunan dosa setelah ia melakukan hal kecil.

Hal kecil itu adalah menyingkirkan sebuah duri yang ada di tengah jalan. Duri itu ia singkirkan setelah tak sengaja ia menginjak duri tersebut dan membuat kakinya terasa sakit. Maka setelah itu, dia langsung menyingkirkan duri tersebut agar tak menyakiti orang lain.

Rasulullah SAW  bersabda, “Seorang muslim berjalan melewati sebuah duri dan ia berkata pada dirinya sendiri ‘Sungguh aku akan singkirkan duri ini agar tidak membahayakan orang muslim lain’.”

Maka karena perbuatannya itu, muslim tersebut diampuni dosanya. Kisah tersebut memiliki kandungan akan keutamaan amalan yang bermanfaat bagi muslimin dan bisa menghilangkan segala bentuk gangguan darinya. Sehingga hal yang dipandang remeh tak harus ditinggalkan oleh setiap muslim.

"Menyingkirkan sesuatu yang berbahaya itu merupakan pengorbanan yang tak sebanding dengan ampunan dosa dari Allah SWT," kata Ustadz Khalid Basalamah.

Baca Juga : Sering Dijadikan Bahan Karikatur, Ini Ciri Fisik Rasul Menurut Gus Baha

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW berkata, “Aku diperlihatkan seseorang di surga tengah menikmati istananya dengan sangat gembira. Karena ia pernah memindahkan barang di jalanan yang dapat membahayakan orang lain.”

Kisah tersebut menunjukkan kenikmatan yang luar biasa. Jika hal kecil tersebut bisa meringankan bahkan menghapus dosa dan menghasilkan surga, maka hal besar yang dilakukan tentunya akan mendapatkan buah yang lebih manis lagi.

"Maka melakukan hal kecil seperti ikut membersihkan lingkungan kita itu adalah bagian dari agama kita," pungkas Ustadz Khalid.