Kasus DBD di Kota Blitar Turun di Tengah Pandemi Covid-19 | Blitar TIMES

Kasus DBD di Kota Blitar Turun di Tengah Pandemi Covid-19

Nov 09, 2020 16:45
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images/Tribunnews.com)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images/Tribunnews.com)

Kasus penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kota Blitar mengalami tren penurunan di masa pandemi covid-19. Kondisi ini tak lepas dari gencarnya sosialisasi kesehatan dan kebersihan yang gencar dilakukan Pemkot Blitar. 

Menurut data Dinas Kesehatan Kota Blitar, ada 77 kasus DBD selama kurun waktu Januari sampai Oktober 2020. Rinciannya, 28 kasus di Kecamatan Sukorejo, 25 kasus di Kecamatan Kepanjenkidul, dan 23 kasus di Kecamatan Sananwetan. Dari seluruh kasus, Dinkes mencatat tidak ada satu pun pasien yang meninggal dunia.

Baca Juga : Betah di Zona Oranye, Wali Kota Batu Ingatkan Wisatawan supaya Berwisata dengan Aman

“Penderita DBD mayoritas berusia  5 hingga 14 tahun,” ungkap Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Blitar Dissie Laksmonowati Arlini, seperti dilansir BLITARTIMES dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Senin (9/11/2020). 

Dikatakannya, jumlah kasus ini jauh menurun drastis dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama. Tahun lalu tercatat kasus DBD di Kota Blitar mencapai 255 kasus dalam setahun. 

“Penurunan ini karena masifnya sosialisasi yang kami lakukan bersama-sama dengan puskesmas dan kader kesehatan kepada masyarakat. Sosialisasi meliputi pemberantasan sarang nyamuk (PSM) dan gerakan satu rumah satu juru pemantau jentik (jumantik),” ucap Dissie.

Lebih dalam Dissie menyampaikan, masyarakat diimbau untuk konsisten menjalankan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit DBD. "Untuk menekan kasus DBD, kami dari Dinas Kesehatan meminta agar masyarakat secara optimal menjalankan pola hidup sehat. Menjaga kebersihan lingkungan dengan 3M, yakni gerakan menutup, menguras, dan mendaur ulang harus terus-menerus dilakukan dan dibudayakan,” pungkasnya.

 

Topik
Demam Berdarah Dengue Kota Blitar Covid 19 Dinas Kesehatan

Berita Lainnya