Cegah Covid-19, Klinik Kesehatan di Blitar Tak Bisa Sembarangan Terima Pasien Rawat Inap | Blitar TIMES

Cegah Covid-19, Klinik Kesehatan di Blitar Tak Bisa Sembarangan Terima Pasien Rawat Inap

Nov 05, 2020 16:39
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Blitar, dr Cristine Indrawati
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Blitar, dr Cristine Indrawati

Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar mengingatkan kepada klinik kesehatan di wilayah Kabupaten Blitar untuk meningkatkan kewaspadaan penularan Covid-19. Imbauan ini menyusul ditemukannya kluster Covid-19 yang berasal dari  klinik kesehatan. 

Ya, seiring dengan diberlakukannya New Normal, sejumlah aktivitas klinik kesehatan di Kabupaten Blitar mulai berjalan seperti biasa. Sebelumnya di awal-awal pandemi Covid-19, beberapa klinik kesehatan tersebut sempat tutup. 

Baca Juga : Satu lagi Pasien Covid-19 Meninggal Dunia di Kabupaten Malang

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Blitar, dr Cristine Indrawati mengungkapkan, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh klinik kesehatan apabila beroperasi di masa pandemi saat ini. Di antaranya terkait dengan rawat inap yang dibatasi hanya bagi pasien yang sama sekali tidak menunjukkan gejala mengarah ke Covid-19. 

“Rawat inap diperuntukakn bagi pasien yang benar-benar tidak memiliki gejala mengarah ke Covid-19. Bahkan untuk menentukan pasien rawat inap atau tidak, harus terlebih dulu dilakukan Rapid Test,” terang dr Christine, Kamis (5/11/2020). 

Lebih dalam Cristine menyampaikan, Dinas Kesehatan juga meminta agar klinik kesehatan yang telah beroperasi ini menerapkan ptotokol kesehatan secara optimal. Di antaranya tenaga kesehatan yang bertugas harus memakai alat pelindung diri (APD) sesuai dengan standar kesehatan. 

Baca Juga : Musim Hujan Tiba, Dinas Kesehatan: Selain Covid-19, Waspadai Juga DBD

“Berdasarkan catatan dan pantauan kami, saat ini ada 23 klinik kesehatan di Kabupaten Blitar sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Yang lain kami minta untuk terus ditingkatkan. Karena  tujuannya sama-sama mencegah penyebaran Covid-19," pungkasnya.

Topik
Berita Blitar Dinkes Kabupaten Blitar

Berita Lainnya