Ilustrasi.(Foto : Ist/ Soloraya/Google Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/ Soloraya/Google Images)

Kabar mengejutkan yang tidak mengenakkan datang dari Pemerintah Kota Blitar. Seragam gratis yang pada akhir tahun ini dinanti-nantikan oleh siswa TK, SD dan SMP di Kota Blitar ternyata batal dibagikan. Pembatalan tersebut dikarenakan kesalahan administrasi. Adapun yang dianggarkan Pemkot Blitar untuk pengadaan seragam gratis tahun ini sebesar Rp 2,3 miliar. 

“Kesalahan administrasi membuat proses lelang pengadaan seragam tidak bisa dilanjutkan. Seragam gratis itu untuk siswa TK, SD dan SMP,” ungkap Kepala Bidang Pembinaan, Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Didit Rahman Hidayat dilansir BLITARTIMES dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Rabu (21/10/2020). 

Baca Juga : Medali KSN Kemendikbud 2020 Diborong Provinsi Jatim dan MAN 2 Kota Malang

Salah-Ketik-Bagi-Bagi-Seragam-Gratis-Batal46733f41a5c2c669.png

Dikatakannya, kesalahan administrasi itu karena penulisan kode jenis kain yang diinput Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Dinas Pendidikan Kota Blitar tidak sesuai, sehingga spesifikasinya tidak sesuai dengan Perwali No.39 Tahun 2020 tentang pakaian seragam.

“Kode jenis kain yang harusnya di-Input adalah TD. Namun yang dimasukkan PPKom adalah NE,” paparnya.  

Lebih dalam Didit menyampaikan, sebenarnya Dinas Pendidikan bisa melakukan tender ulang. Namun karena tahun anggaran 2020 hanya menyisakan waktu 2 bulan maka proses lelang dipastikan tidak bisa dilanjutkan. “Kami dari Dinas Pendidikan sudah mengirimkan surat kepada wali kota Blitar. Kami juga mengajukan agar pemberian seragam gratis tahun ini bisa dianggarkan dan dilanjutkan tahun depan. Kita tunggu saja nanti arahan dari pimpinan," pungkasnya. 

Sekedar diketahui, pengadaan seragam gratis di Kota Blitar pada tahun ini naik hampir Rp 1 miliar dibanding tahun sebelumnya.  Di tahun 2019, seragam gratis dianggarkan Rp 1,8 miliar. 

Baca Juga : YBM-BRI Kanca Bondowoso Donasikan Komputer bagi Pelajar di Daerah Tertinggal

 

Anggaran tahun ini naik karena ada tambahan pengadaan seragam gratis untuk siswa kelas 4 SD. Kenaikan anggaran tahun 2020 juga adanya tambahan pengadaan seragam Pramuka untuk siswa TK A dan TK B.

Berdasarkan data di Dinas Pendidikan Kota Blitar, siswa yang akan menerima seragam gratis dari kelas 1 dan kelas 4 SD sebanyak 2.675 siswa, siswa SMP sebanyak 1.850 siswa, dan siswa TK sebanyak 500 anak.