Ilustrasi sambel
Ilustrasi sambel

Entah darimana dan siapa yang awalnya menciptakan gerusan cabai yang bernama sambel. Namun, di Tulungagung ada beberapa jenis sambel yang akrab di lidah dan menjadi sajian favorit saat menikmati menu utama.

Salah satu ibu rumah tangga, Suparmi yang juga berjualan berbagai macam lauk pauk di saat pagi dan sore ini mengatakan, meski puluhan bahkan ratusan jenis sambel namun tak semua akrab di lidah wong Tulungagung.

Baca Juga : Shokudo Restaurant Kontena Hotel Suguhkan Sushi Unik, Ada Rasa Ayam Geprek dan Rawon

"Jenisnya banyak sekali, namun belum tentu disukai," kata Suparmi, Sabtu (17/10/2020).

Dirinya yang sudah bertahun-tahun melayani kesukaan orang Tulungagung, mengungkapkan bahwa sambel yang disukai masyarakat justru yang sederhana.

"Jika namanya kurang dikenal dan campurannya justru menghilangkan khas sambel sendiri, biasanya hanya booming namun tidak laku dalam jangka lama," tuturnya.

Kemudian, Suparmi menyebutkan beberapa varian sambel yang menjadi idola pembeli. Jenis sambel ini TulungagungTimes rangkum sebagai berikut:

1. Sambel Plelek

Hanya terbuat dari cabai dan garam. Ada tiga pilihan untuk membuat sambel plelek ini. Diantaranya, bahan mentah, di tunu (masak) atau di goreng. Namun, beberapa sambel dengan tambahan bawang merah dan bawang putih juga identik disebut plelek. Biasanya jika ditambah salah satu atau keduanya dari bawang, sambel ini selain diberi garam harus ditambah sejumput gula. 

2. Sambel Bajak
Sambal bajak ini sebenarnya banyak ditemui di Jawa Timur. Terbuat dari bahan utama cabai besar, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serta terasi yang sebelumnya sudah dibakar terlebih dahulu.

Setelah itu, semua bahan dihaluskan lalu digoreng dengan minyak. Aromanya sangat lezat, bikin nafsu makan meningkat. Apalagi biasanya sambal ini ditambah banyak rempah, misalnya saja sereh, asam jawa, salam dan juga lengkuas.

3. Sambel Bawang

Baca Juga : Guncang Lidah dengan Aneka Seafood Segar Ala Ocean Garden, Bikin Nagih!

Bahan pembuatnya cukup sederhana, cuma cabai rawit dan bawang putih, garam dan juga gula secukupnya. Sambal bawang ini disantap langsung setelah dibuat. Olahan yang paling populer saat ini adalah membuat geprekan dengan sambal bawang. Mau diadu dengan lauk apapun, sambel bawang terkenal mudah beradaptasi.

4. Sambal Pecel

Rasa sambal yang terbuat dari kacang ini gurih-gurih manis. Dipadukan dengan sayur yang sudah direbus akan menjadi pecel yang nikmat. Sambel pecel ini sangat terkenal di Madiun, namun yang khas Tulungagung juga tak kalah enak dan nikmat.

5. Sambel Korek

Hampir sama dengan tiga sambel yang di atas, bedanya sambal korek identik dengan cita rasanya yang pedas dan mantap. Karena memang bahannya adalah cabai yang kemudian diulek dan disirami dengan minyak panas.

Lima sambel itu, disebut Suparmi, menjadi sambel paling laris, namun masih banyak sambel lainnya seperti trasi, rujak, trancam hingga sambel petis juga di sukai para pecinta kuliner pedas.