Benda purbakala ditemukan di Desa Gandusari Kab Blitar. (Foto: Dokumen JatimTIMES)
Benda purbakala ditemukan di Desa Gandusari Kab Blitar. (Foto: Dokumen JatimTIMES)

Sejumlah benda yang diduga merupakan peninggalan purbakala ditemukan di Desa Gandusari, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Benda-benda kuno tersebut ditemukan di dua lokasi berbeda yakni di sekitar pemakaman Suko dan di sekitaran aliran Sungai Mbesi. 

Informasi yang dihimpun BlitarTIMES, total ada 19 benda yang ditemukan. Rinciannya, 10 benda ada di di pemakaman Suko dan 9 benda ditemukan di aliran Sungai Mbesi. Beberapa benda itu di antaranya batu yang masih terlihat jelas lukisannya, batu seperti tugu, lesung dan patung arca Ganesha. 

Baca Juga : Pertengahan Ramadhan, Asteroid Seukuran Lapangan Tenis Berkecepatan 5,72 Kilometer per Detik Mendekat ke Bumi

“Benda-benda ini sebenarnya sudah lama ditemukan. Namun warga di sini tidak begitu faham bila itu adalah benda bersejarah. Benda-benda ini yang menemukan adalah warga ketika membuat saluran air menuju areal persawahan," ungkap Sekretraris Desa Gandusari, Syamsul Arifin, Jumat (16/10/2020).

“Kemudian kita berkonsultasi dengan pegiat cagar budaya Blitar. Setelah berkonsultasi kita selanjutnya merencanakan langkah-langkah yang diambil terkait temuan tersebut,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, terkait dengan temuan ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan pegiat pelestarian cagar budaya Blitar dan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar.

“Setelah kita hubungi, dari Dinas Parbudpora sudah melaksanakan tinjauan ke lokasi penemuan. Sementara dari pegiat pelestraian cagar budaya Blitar, beberapa hari lalu juga sudah melakukan survei,” paparnya. 

Baca Juga : Beresiko Jadi Lokasi Penularan Corona, Terminal Paling Timur di Blitar Disemprot Desinfektan

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso, mengungkapkan pihaknya telah mengecek lokasi penemuan itu. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mendatangkan tim ahli untuk menggali lebih dalam benda-benda itu dengan melakukan penelitian. 

“Tim ahli akan kita mintai bantuan untuk meneliti benda-benda yang ditemukan di Desa Gandusari,” pungkasnya.