Bunga pohon Tabebuya bermekaran di Kota Blitar. (Foto: Dokumen JatimTIMES)
Bunga pohon Tabebuya bermekaran di Kota Blitar. (Foto: Dokumen JatimTIMES)

Ada pemandangan berbeda di Kota Blitar. Menyambut datangnya musim penghujan, pohon perindang kota jenis Tabebuya mulai bermekaran. 

Kecantikan bunga berwarna-warni yang mulai bermekaran membuat mata tak jemu memandang. Bunga-bunga itu nampak berjajar di sejumlah ruas jalan, di antaranya di Jalan Sultan Agung, Jalan Majapahit, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Semeru. 

Baca Juga : 16 Destinasi Wisata Kembali Dibuka, Pemkab Blitar Imbau Wisatawan Patuhi Prokes

Mekarnya bunga ini menghadirkan nuansa Negeri Sakura di Kota Blitar Bumi Bung Karno. Kepala Bidang (Kabid) Konservasi Komunikasi Lingkungan DLH Kota Blitar Rahmawati Anifah mengatakan, saat ini memang saat bunga Tabebuya mekar. 

Menurut dia, tanaman Tabebuya yang berada di sebagian ruas jalan Kota Blitar  itu memang  mekar setiap tahun. Bunga dari tanaman itu bermacam-macam. Di antaranya  kuning, merah muda, putih dan ungu. 

“Saat ini memang musimnya bunga Tabebuya mekar,” ungkap Rahmawati kepada awak media di Kota Blitar, Kamis  (15/10/2020).

Dikatakannya, Pemkot Blitar melalui DLH memang berencana menghijaukan Kota Blitar dengan tanaman tabebuya ini. Karena keberadaan tanaman ini belum merata, DLH berencana akan melakukan penanaman di beberapa ruas jalan lainya di Kota Blitar. 

Pasalnya, sudah tak diragukan lagi keberadaan bunga Tabebuya yang bermekaran di pinggir jalan menghadirkan suasana berbeda. Kota Blitar menjadi indah dan pemandangan kota semakin sejuk, asri dan lestari. 

“Tahun ini mungkin kami akan tanam di beberapa ruas jalan. Di antaranya Jalan Mastrip, Jalan Anggrek, dan Jalan Imam Bonjol hingga Jalan Kalimantan, Jalan Melati dan Jalan Mahakam. Stok bibitnya kami masih punya,” tukasnya. 

Lebih dalam Rahma menyampaikan, berdasarkan karakternya pohon tabebuya memang cocok untuk penghijauan di kawasan perkotaan. Terlebih, tanaman itu tahan di segala cuaca. 

Baca Juga : Desa Beji Gelar Pasar Tradisional dan Kampung Wayang, Bisa Jadi Tujuan Wisata di Kota Batu

“Pohon ini berakar tunggang. Sehingga sangat cocok untuk perkotaan karena tidak sampai merusak jalan atau trotoar," jlentrehnya. 

Keindahan dan keelokan bunga Tabebuya menjadi incaran sejumlah warga Kota Blitar untuk berswafoto. Bergugurannya sebagian dedaunan membuat pemandangan jalanan Kota Blitar semakin indah. 

Seorang mahasiswi salah satu kampus di Kota Blitar, Mitha Kirana nampak berpose dengan berbagai gaya di bawah pohon bunga Tabebuya di Jalan Sultan Agung. Gadis manis ini mengaku, mekarnya bunga Tabebuya di Kota Blitar membuatnya tak perlu jauh-jauh mencari spot foto menarik untuk diunggah ke media sosial miliknya.

“Berfoto dengan spot ini rasanya seperti berada di Jepang negeri sakura. Ya, rasanya kita seperti tidak sedang berada di Blitar. Tinggal pintar-pintar saja kita memilih angel foto,” pungkas Mitha.