Pelatihan English Public Speaking digelar Unisba Blitar dengan menyasar pondok pesantren
Pelatihan English Public Speaking digelar Unisba Blitar dengan menyasar pondok pesantren

Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan English Public Speaking kepada para pemuda di Blitar Raya. Tak hanya lembaga pendidikan formal, pelatihan juga menyasar kalangan santri di Pondok Pesantren. 

Pelatihan English Public Speaking seperti yang dilaksanakan Prodi Bahasa Inggris Unisba Blitar di Pondok Pesantren Tahfidhil Wal Qiro’ah Mamba’ul Hikmah di Desa Jingglong, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu 26 September 2020 hingga Sabtu 3 Oktober 2020. Peserta pelatihan ini 28 Santri dari kelas 3 Madrasah Tsanawiyah. 

Baca Juga : Udara Bersih dari Asap Rokok dengan Lidah Mertua

Dikatakan Fu’ad Sholikhi selaku Ketua kegiatan dan salah satu Dosen Bahasa Inggris Unisba Blitar, di era saat ini pondok pesantren layaknya lembaga pendidikan formal juga dituntut untuk unggul dalam pendidikan karakter dan mengikuti perkembangan zaman, salah satunya keahlian berbahasa Inggris. Dalam hal ini, Unisba Blitar hadir memberikan pelatihan English public speaking kepada para santri. 

“Pondok Pesantren diharuskan mengikuti kurikulum pendidikan yang terbaru dan mengadopsi ide baru dalam pembelajaran. Oleh karena itu, pelatihan English Public Speaking sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas para santri baik di dalam Pondok maupun di luar pondok,” ungkap Fuad kepada BLITARTIMES, Selasa (6/10/2020). 

Dikatakannya, pelatihan semacam ini perlu dilakukan karena kemampuan public speaking merupakan kemampuan yang penting untuk dikuasai sejak dini karena. Ya, public speaking melatih seseorang untuk menyampaikan pesan berbahasa inggris secara efektif, efisien, dan persuasif. 

“Selain itu, English Public Speaking juga penting untuk dipelajari. Kemampuan ini akan menunjang aktivitas mahasiswa atau santri di PP Mamba’ul Hikmah dalam hal kegiatan akademik di sekolahnya dan untuk menunjang karir mereka di era modern saat ini,” tukasnya. 

Baca Juga : Tinggal 3 Unit, Dapatkan Town House Kalingga Rp 800 Juta-an Bonus Full Furnished Ekslusif

Pelatihan English public speaking yang digelar Unisba Blitar di Pondok Pesantren Tahfidhil Wal Qiro’ah Mamba’ul Hikmah berjalan sukses. Salah satu faktor suksesnya kegiatan ini karena para santri menganggap kegiatan ini sangat penting untuk mereka. 

“Para santri sangat antusias dengan pelatihan ini. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan para santri untuk mengikuti semua rangkaian kegiatan sampai selesai, keaktifan diskusi dan tanya jawab, dan kemauan dalam praktik berdasarkan materi yang telah disampaikan. Dengan keaktifan para santri, tanpa sadar hal ini membuat para santri mempunyai bekal dalam English Public Speaking,” pungkasnya.