Ilustrasi
Ilustrasi

Dunia olahraga berkembang pesat di Kota Blitar. Ini dibuktikan dengan semakin banyaknya aktivitas olahraga di Kota Blitar yang dilakukan oleh masyarakat dan kalangan atlet. Bahkan, GOR Soekarno-Hatta yang merupakan pusat olahraga saat ini keberadaanya dirasa kurang maksimal untuk menampung kegiatan olahraga.

Kondisi ini direspon Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Blitar. Belakangan KONI  mengusulkan pembangunan Gedung Olahraga Baru (GOR) baru ke Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Blitar. 

Baca Juga : Regenerasi Atlet, Disporapar Kota Malang Buat Personal Branding Atlet Berprestasi

“Pengusulan GOR baru ini untuk back up GOR yang saat ini ada. Ya, karena seperti kita tahu saat ini jadwal latihan beberapa cabor di GOR Soekarno-Hatta sudah cukup penuh, sehingga butuh back up untuk mewadahi beberapa cabor yang belum memiliki sarana tempat latihan,” ungkap Ketua KONI Kota Blitar, Gaguk Dwi Atmanto dilansir BLITARTIMES dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Kamis (1/10/2020). 

Dikatakannya, ada banyak cabor yang melaksanakan latihan di GOR Soekarno-Hatta di antaranya bola basket. Gaguk memastikan pihaknya sudah menyampaikan usulan ini kepada Dispora Kota Blitar. Terkait usulan ini Dispora dipastikan merespon baik dan memberikan dukungan penuh demi kemajuan olahraga di Kota Blitar Bumi Bung Karno. 

“Kita untuk penjaringan atlet kan dari olahraga pendidikan yaitu O2SN dari Dinas Pendidikan, kemudian olahraga rekreasi yaitu olahraga yang dari pedesaan dan kampung-kampung, lalu olahraga prestasi yang sudah kita bina. Nah, dalam hal ini olahraga prestasi untuk latihanya saja jadwal sudah penuh. Oleh sebab itu perhatian lebih harus kita berikan untuk olahraga pendidikan dan rekreasi,” tegasnya. 

Dihubungi terpisah, Kepala Dispora Kota Blitar, Juari, membenarkan bahwa KONI telah mengusulkan pembangunan GOR baru kepada Dispora. Terkait hal ini Dispora mendukung usulan dari KONI dengan menyampaikan usulan tersebut kepada pimpinan. Langkah-langkah strategis juga sudah dilakukan Dispora denga menyiapkan dokumen perencanaan dan lainya. 

Baca Juga : DPRD Kota Malang Usulan Pembebasan Retribusi Sarana Olahraga, Disporapar: Itu Sah Saja

“Rencana pembangunan GOR baru ini merupakan komitmen Pemkot Blitar untuk memfasilitasi dan mewadahi kebutuhan masyarakat dibidang olahraga. Namun demikian kita belum tahu apakah nanti dimasukkan ke APBD Kota Blitar. Yang jelas untuk APBD 2021 tidak mungkin karena butuh pengkajian-pengkajian,” pungkas Juari.