Pak Yasin (tengah) saat sowan ke salah satu Kiai Kampung di Kota Blitar
Pak Yasin (tengah) saat sowan ke salah satu Kiai Kampung di Kota Blitar

Calon Wakil Wali Kota Blitar nomor urut 1 Yasin Hermanto melakukan silaturahmi ke tokoh-tokoh agama dan Kiai Kampung di Kota Blitar. Silaturahmi dilaksanakan secara marathon setelah pasangan Henry-Yasin mendapat restu dan dukungan penuh dari PCNU dan Muslimat NU. 

Didampingi tim pemenangan, politisi yang akrab disapa Pak Yasin mendatangi satu persatu tokoh-tokoh agama dan Kiai Kampung di tiga kecamatan di Kota Blitar meliputi dapil Sananwetan, Kepanjenkidul dan Sukorejo. Bagi Yasin selaku Ketua DPC PKB Kota Blitar yang asli kader NU, sowan kepada kiai tak boleh ditinggalkan. Silaturahmi ini sudah diagendakan sejak jauh-jauh hari sebelum pendaftaran Pilkada Kota Blitar 2020.

Baca Juga : Plt Ketua DPRD Sodikul Amin Harapkan PDI P Segera Usulkan Nama Ketua DPRD Definitif

“Sebagai anaknya NU, silaturahmi ini dalam rangka meminta doa pangestu. PKB adalah parpol yang gras rootnya religius, nah berangkat dari sini saya sowan kepada Kiai Kampung. Satu persatu saya sowani meliputi Kiai Kampung yang punya masjid, punya mushola. Kemudian ada dari mereka yang takmir juga saya sowani. Hingga saat ini silaturahmi saya belum selesai, baru sekitar 30an yang saya sowani,” ungkap Pak Yasin kepada BLITARTIMES, Senin (28/9/2020).

Para kiai di Kota Blitar terus memupuk kebersamaan sesama muslim untuk mendukung pasangan Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto yang diusung PKB di Pilkada Kota Blitar. Bagaimanapun juga, PKB adalah anak dari NU. Sehingga sudah menjadi keharusan bagi kalangan kiai untuk memberikan restu dan dukungan kepada Henry-Yasin.

“Alhamdulilah seluruh kiai memberikan dukungan. Bagaimanapun juga anaknya punya hajat, anak dari NU yakni saya sendiri berpasangan dengan Mas Henry, mendapat dukungan mendapat doa. Mudah-mudahan hajat kami berjalan sukses, menang di Pilkada Kota Blitar 2020,” jlentrehnya.

Apabila nanti terpilih sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota Blitar, Henry-Yasin sebagai anak dari NU berjanji akan lebih menghidupkan kegiatan ahlusunnah waljamaah di Kota Blitar. Sebelumnya, beberapa hari lalu pasangan Henry-Yasin telah melaksanakan silaturahmi kepada Ketua dan Pengurus Muslimat NU Kota Blitar. 

“Kegiatan program kerja dari NU nanti akan lebih kita hidupkan. Intinya, ojo sampe lali ngopeni karo NU ne. Kami juga telah mendapat dukungan dan doa restu dari Muslimat NU. Kedepan kami komitmen mendorong kemajuan pendidikan dan kegiatan keagamaan untuk mewujudkan Kota Blitar yang nasionalis-religius,” tegasnya. 

Baca Juga : Ketua DPC PDI Perjuangan Inisiasi Gerakan #BantengBalikKandang

Pasangan Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto digadang-gadang sebagai calon kuat yang akan menang di Pilkada Kota Blitar. Selain PKB, pasangan ini didukung Golkar, PKS dan Nasdem. Sejak awal Henry-Yasin telah mendapat restu dari kalangan ulama. Dukungan, restu dan doa bahkan datang langsung dari Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar. 

KH Marzuki datang langsung ke Blitar mendoakan Henry-Yasin sesaat sebelum mendaftar sebagai paslon di KPU Kota Blitar pada 5 September 2020. Dalam kesempatan ini KH Marzuki berpesan kepada Henry-Yasin untuk guyub rukun menjaga Kota Blitar dengan gotong royong. Serta mewaspadai radikalisme dan gerakan-gerakan yang dapat mengancam keamanan negara. “Lalu ciptakan keadilan sebisa-bisanya. Mohon orang-orang miskin jangan sampai terlantar di Kota Blitar. Insya Allah kalau itu diperhatikan dan semua dirawat semua jadi barokah,” tegasnya. 

Apabila nanti terpilih sebagai Wali Kota- Wakil Wali Kota Blitar, KH Marzuki ingin agar Henry-Yasin tidak melupakan haul ulama, haul kiai dan haul Bung Karno. “Ini titipan saya, haul kiai di Masjid Jami resmi gawenya Kota Blitar. Ini jangan dilepas, harus resmi gawenya Pemkot Blitar dan takmir. Menghauli yang sepuh, biar barokah, tidak bisa nglalekne wong tuwo,” tandasnya.