English Study Club in Pandemic digelar mahasiswa PKM Unisba Blitar
English Study Club in Pandemic digelar mahasiswa PKM Unisba Blitar

Kemampuan berbahasa Inggris menjadi syarat utama untuk bersaing di era globalisasi. Ya, fungsi dari bahasa bukan hanya sebagai alat komunikasi saja. Lebih dari itu, bahasa juga merupakan sarana untuk beradaptasi dengan lingkungan dan pekerjaan. 

Berangkat dari semakin pentingnya belajar bahasa Inggris. mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) turun langsung memberikan bimbingan belajar gratis bahasa Inggris kepada para pelajar usia sekolah menengah pertama (SMP). Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam rangka Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) Tahun 2020. 

Baca Juga : Isi Kuliah Umum, Wali Kota Kediri Dorong Anak Muda Jadi Entrepreneur

Kegiatan English Study Club in Pandemic digelar Hayu Uswatun Khasanah di LKSA Ibnu Mas'ud di Desa Sumberdiren, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. 

“English Study Club tingkat SMP pada masa pandemi kami laksanakan untuk membantu anak-anak belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SMP yang memiliki minat belajar bahasa Inggris,” ungkap Uswatun kepada BLITARTIMES, Selasa (22/9/2020). 

Dikatakannya, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk membantu meningkatkan minat anak dalam belajar bahasa Inggris. Diharapkan pandemi yang ada tidak menghalangi keinginan belajar dari anak-anak dengan memperhatikan protokol kesehatan. 

“Latar belakang kegiatan ini dilakukan karena keterbatasan anak-anak LKSA Ibnu Mas’ud untuk menggunakan gadget, sehingga harus ada kegiatan tatap muka untuk melakukan belajar bahasa inggris secara berkelompok. Selain materi baru yang diberikan, kegiatan ini dapat membantu kesulitan anak-anak pada tugas yang diberikan dari sekolah,” tukasnya.

Anak-anak merasa senang dengan bimbingan belajar gratis bahasa Inggris yang diberikan mahasiswa PKM Unisba Blitar. Ya, mereka semakin bersemangat mempelajari bahasa yang telah menjadi bahasa internasional ini secara lebih mendalam. Anak-anak juga memiliki motivasi untuk mahir berbahasa inggris. 

“Pesan yang kami sampaikan kepada anak-anak, dengan menguasai bahasa Inggris maka kalian selangkah lebih maju untuk meraih tujuan. Nanti di masa depan kita sudah menjalani karier, bahasa Inggris akan bermanfaat untuk kelangsungan bisnis, atau menambah koneksi. Ayo sejak saat ini kita tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris,” pungkasnya. 

Baca Juga : Lewat P3T, Unikama Siapkan Maba Tak Kaget Hadapi Dunia Baru Perkuliahan

Sebagaimana diketahui, Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar kembali menerjunkan para mahasiswanya untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19. Kuliah kerja nyata (KKN) tahun 2020 digelar dengan warna baru menjadi Program Kegiatan Mahasiswa (PKM).

PKM dilaksanakan mahasiswa di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan. PKM dilaksanakan selama satu bulan mulai 15 Agustus hingga 15 September 2020.  

Melalui PKM, Unisba Blitar mendorong mahasiswa melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus menjadi relawan untuk memutus mata rantai covid-19 dengan menggunakan aplikasi Inarisk yang dilakukan pendataan di warga masyarakat sekitar tempat tinggalnya. Selain itu, mahasiswa peserta PKM  dituntut untuk melaksanakan kegiatan bantu kepada masyarakat. (Adv)