Sesi latihan Persik Kediri. (Foto: Dok PersikFC)
Sesi latihan Persik Kediri. (Foto: Dok PersikFC)

Data di atas kertas atau statistik dalam sepak bola memiliki hubungan yang tak bisa dipisahkan. Keduanya selalu berjalan beriringan. Namun, pelatih kepala Persik Kediri Budi Sudarsono menegaskan, sepak bola tidak hanya masalah statistik. Bahkan menurutnya, sepak bola itu ialah hasil di lapangan yang sesungguhnya.

"Sepak bola itu bukan hanya permasalahan di atas kertas, tapi lebih kepada apa yang bisa kita berikan di atas lapangan," ucapnya saat ditemui seusai gelar latihan, Rabu (09/09/2020).

Baca Juga : Video Cristiano Ronaldo Ditegur Petugas Gegara Tak Pakai Masker, Reaksinya Santuy Abis

Budi juga mengatakan, bahwa data di atas kertas tak melulu benar dan bisa dijadikan acuan. Dirinya mencontohkan terhadap tim besar dengan dihuni pemain bertabur bintang belum tentu akan selalu menang dan sulit untuk dikalahkan. Melainkan semua bisa saja terjadi tergantung kondisi siapa yang lebih siap dan lebih matang di sana.

"Di atas kertas mungkin berbunyi menang. Namun hasilnya di lapangan belum tentu benar. Karena yang akan berperan di lapangan ialah siapa tim yang lebih kompak dan mempunyai semangat juang tinggi. Justru itu yang nantinya akan merubah semuanya. Dan perihal itulah yang saat ini sedang kita bangun sekarang," ungkapnya.

"Kita mau lawan siapa saja, sekuat apapun pertahanannya kita akan lawan lawan dan lawan. Kita akan fight dengan kekuatan 100 persen. Karena hanya dengan pembuktian di lapangan lah yang bisa membantah soal data di atas kertas," terangnya.