Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno menerima langsung bantuan CSR dari Bank Jatim untuk pelaku UMKM .(foto:istimewa)
Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno menerima langsung bantuan CSR dari Bank Jatim untuk pelaku UMKM .(foto:istimewa)

Sebanyak 88 pelaku UMKM terdiri dari 74 produksi makanan dan minuman (mamin), serta 14 usaha kerajinan mendapatkan bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Jatim. Penyerahan tersebut dilaksanakan di lapangan tenis Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri dan disaksikan langsung oleh Bupati Kediri Haryanti Sutrisno.

Penyerahan CSR berupa alat-alat produksi bagi para pelaku UMKM ini dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama mulai pukul 09.00 WIB dan gelombang kedua pukul 10.00 WIB. Hal tersebut dilakukan karena masih dalam pandemi Covid-19.

Baca Juga : Masalah Asmara, Wanita Paro Baya Tega Bakar Pacarnya di Kulon Progo

Mulai masuk lokasi, semua wajib dites suhu badannya, memakai masker dan jaga jarak. Hal tersebut merupakan salah satu cara memutus mata rantai Covid-19.

Haryanti Sutrisno dalam sambutannya mengatakan, alat-alat CSR dari Bank Jatim ini merupakan permintaan para pelaku UMKM itu sendiri. Oleh karena itu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk produksi.

"Di Kabupaten Kediri banyak sekali pelaku UMKM. Saat ini zaman sudah semakin canggih, jadi manfaatkan kecanggihan teknologi untuk promosi dan pemasaran. Sekarang promosi secara online atau melalui media sosial sangat cepat sampai diterima konsumen,” jelasnya.

Tonny Prasetyo, Direktur TI dan Operasi Bank Jatim, mengatakan, Bank Jatim merupakan perbankan yang sahamnya juga dimiliki oleh Pemkab Kediri. 

“Dengan demikian sudah sepatutnya kami dari Bank Jatim memberikan timbal balik dengan memberikan CSR kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Kediri,” ujarnya.

Tonny melanjutkan, Bank Jatim di tahun 2020 hingga 2021 mendatang, fokus pada peningkatan UMKM yang ada di daerah. “Memang tahun ini sampai tahun mendatang fokus kami untuk peningkatan UMKM yang ada di daerah,” ujarnya.

Baca Juga : Ponpes Blokagung Banyuwangi Wisuda 80 Santri, Sebut Wisuda Penyintas Covid

Dirinya  juga menyampaikan hal senada dengan Haryanti terkait CSR yang diberikan ke 88 pelaku UMKM di Kabupaten Kediri. "Semoga CSR ini dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas UMKM. Serta bisa menambah daya saing serta daya beli masyarakat, sehingga roda perekonomian daerah terus berputar,” pungkasnya.

Sebelum penyerahan CSR, para pelaku UMKM juga diberikan pelatihan promosi dan pemasaran melalui media sosial Instagram oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri.