Kaesang Pangarep (Foto: dawainusa.com)
Kaesang Pangarep (Foto: dawainusa.com)

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep kembali membagikan aksi kocak di media sosial. Diketahui, Kaesang sebelumnya sempat nyaris menjadi sasaran penipu. 

Namun kini ia justru berbalik menjahili online shop penipu. Aksinya pun dibagikan Kaesang melalui akun Twitter @kaesangp, Senin (7/9/2020).

Baca Juga : Sempat Heboh Timor Leste Ingin Kembali ke Indonesia, Ternyata Hoaks

Aksi iseng Kaesang berawal dari informasi yang didapatkannya, jika terdapat sebuah akun online shop penipu bernama @kharunia.homedress. Di informasi biodata, akun tersebut mengaku sebagai konveksi yang menjual piyama.

"Dapet laporan kalo akun ini penipu. Ya udah saya iseng untuk beli barang mereka," tulis Kaesang sambil menyertakan screenshoot akun penipu tersebut.

Lalu, Kaesang mencoba menghubungi pemilik akun melalui pesan WhatsApp untuk membeli salah satu produknya.

"Masih ada stok?" tanya Kaesang.

Lantas pesan Kaesang itu dibalas otomatis lantaran menggunakan WhatsApp bisnis. Dipesan otomatis itu muncul beberapa paket yang bisa dipilih untuk dibeli. Si penipu lalu mengirim format pemesanan dan langsung diisi oleh Kaesang.

Kaesang lantas mengirim balik format yang sudah diisinya. Terlihat dibagian alamat, Kaesang menuliskan alamat Istana Kepresidenan. Kemudian si penipu menjumlah harga belanjaan dan mengirim nomor rekening agar segera ditransfer. 

Setelah itu, Kaesang mencoba untuk tidak membalas pesan tersebut. Si penipu pun kembali menghubungi Kaesang untuk menanyakan kelanjutan pemesanan. 

"Hy kak gmana kelanjutan ordernya," tanya si penipu.

"ok kak, proses, saya bayar," balas Kaesang.

Kaesang kemudian langsung membalas dengan bukti transfer.

"Ini bukti trf," tulis Kaesang diketerangan foto.

Namun secara tiba-tiba si penipu malah mengembalikan uang tersebut dan mengatakan jika stoknya yang dipesan Kaesang kosong.

"Sorry stock habis kak (emotikon)," balas si penipu.

Baca Juga : Polresta Malang Kota dan Bank Mandiri Malang Terus Ungkap Kasus Koboi Jalanan

Namun belum sempat Kaesang membalas, nomor tersebut sudah berubah menjadi WhatsApp biasa, bukan WhatsApp bisnis. Seakan si penipu baru menyadari siapa sosok pemesan yang sebenarnya.

"Saya sudah kasih alamat sampe mereka tanya lagi gimana kelanjutan ordernya. Setelah saya transfer, duit saya malah dikembaliin dan diblok saya. Pie to," tulis Kaesang.

Walhasil, unggahan Kaesang itu langsung ditanggapi oleh warganet. Bahkan nama Kaesang menjadi trending topic di Twitter. Beberapa dari mereka memberikan tips agar pembeli tidak tertipu oleh online shop. 

“Sekilas info nih, sebelum kalian lakukan transaksi belanja online, kalian bisa cek nomor rek sang penjual ini PENIPU ATAU REAL. Dengan cara buka Browser, ketik Cekrekening.id kalian tinggal masukin nama bank dan nomor rek nya aja. Dan ketauan deeehhhhh,” ujar akun @PutriHanma.

Lalu ada juga warganet yang membagikan pengalaman saat menjadi korban online shop penipu.

“Ak juga kena mas sama akun ini.. 400rb tp no rekeningnya bukan yg ini.. udah bikin laporan juga.. piye ya mas biar uangnya dibalikin kyk mas @kaesangp juga,” tulis akun @H Rimanti.

“Gue juga pernah kena tipu hampir 1,5 an dan gue bingung knapa penipu itu rata2 make bank btpn soalnya tmn2 gue juga kebanyakan kena tipu bank nya make btpn :(( serius nanya knapaaa ya,” tulis akun @vidyaakhlima_.