Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)

Pemkab Blitar merombak susunan kepanitiaan pelaksanaan puncak Hari Jadi Blitar yang digelar pada 5 Agustus 2020. Perombakan menyusul empat pegawai bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar terkonfirmasi positif Covid-19. Empat pegawai Prokopim ini terkonfirmasi terpapar Covid-19 sehari sebelum puncak peringatan Hari Jadi Blitar ke 696.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Kuspardani, setelah dinyatakan positif saat ini keempat pegawai bagian Prokopim menjalani isolasi di LEC Garum. Lalu bagaimana dengan tugas keprotokolan?, Untuk sementara tugas keprotokolan diambil alih mereka yang sebelumnya bekerja di bagian Prokopim. Seluruh panitia yang terlibat dalam acara ini juga melalui tahapan Screening.

Baca Juga : Korsleting Listrik, 2 Rumah 1 Atap di Embong Brantas Dilalap Api

 

"Keempat pegawai bagian protokol yang terkonfirmasi positif sudah masuk isolasi. Sedangkan pegawai lainnya yang kontak erat sudah isolasi mandiri di rumah masing-masing. Tugas keprotokolan tetap berjalan dengan menugaskan sementara pegawai yang pernah bertugas di protokol. Di antaranya ada Kepala Dinas PUPR Puguh Imam Susanto dan Pak Lurah Nglegok Alfandi yang  dulunya Kasubag protokol sekarang meng-Handle sementara tugas keprotokolan," ungkap Kurpasdani, Rabu (5/8/2020).

Bupati Blitar Rijanto sendiri telah menjalani Swab Test. Ini dikarenakan dalam keseharianya protokol dalam tugasnya menempel ke bupati. Tugas dari protokol antara lain merencanakan, mengoordinasikan, melaksanakan, mengendalikan, serta mengevaluasi urusan keprotokolan bupati. “Hasil swab test untuk pak Bupati negatif,” jelasnya. 

Sekedar diketahui, empat pegawai Prokopim yang dilaporkan terkonfirmasi positif covid-19 terdiri dari dua orang laki-laki dan dua perempuan. Keempat staf Prokopim diduga tertular covid-19 dari pegawai BNN Kabupaten Blitar. Kronologinya, ada seorang pegawai BNN Kabupaten Blitar berkunjung. Beberapa hari usai berkunjung, pegawai BNN itu dinyatakan positif Covid-19

Baca Juga : Kluster Baru RM Rawon Nguling Tongas, 28 Orang Positif Covid-19

 

Seluruh pegawai di bagian Prokopim kemudian menjalani Swab Test. Hasilnya ada empat orang staf yang dinyatakan positif. Tak mau kecolongan, Dinas Kesehatan melakukan Swab ulang kepada seluruh pegawai yang pernah kontak erat pada 5 Agustus 2020. “Mereka yang terkonfirmasi positif memiliki riwayat kontak erat dengan pegawai  BNN yang dinyatakan positif covid-19,” pungkasnya.