Deretan kagu memotivasi bertemakan covid-19.
Deretan kagu memotivasi bertemakan covid-19.

Musik memang selalu menjadi salah satu obat mujarab dalam berbagai kondisi. Lirik yang memotivasi menjadi salah satu alasan  musik begitu dicintai para pendengarnya. Mungkin itu juga yang menyebabkan para musikus memilih tetap berkarya di tengah pandemi covid-19.

Terinspirasi  kondisi pandemi, para musikus pun menelurkan karyanya untuk menghibur para penggemarnya. Sekaligus memotivasi masyarakat untuk tetap kuat menjalani aktivitas meski dengan berbagai batasan.

Baca Juga : Rilis Single "Fuckin' Boyfriend", Agnez Mo Langsung Trending Twitter & YouTube

Puluhan, bahkan mungkin ribuan karya telah diciptakan oleh musisi diberbagai belahan dunia atas kondisi pandemi covid-19 ini. Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak lagu hits dengan lirik memotivasi yang terinspirasi kondisi pandemi covid-19.

Berikut ini beberapa musikus yang menciptakan lagu khusus bertema pandemi covid-19. Sebagian besar dari kita tentu sudah mendengarnya. Selain easy listening, setiap lagu bertemakan pandemi tersebut selalu memberi ajakan ke arah yang positif melalui lirik-liriknya.

1. Saykoji - Cuci Tangan dan #Dirumahaja

Rapper kenamaan yang banyak dicintai penggemar musik ini menciptakan dua buah lagu yang bertema covid-19. Dua lagunya pun ditulis pada awal dan akhir Maret 2020. Kedua lagu itu dibuat untuk memotivasi masyarakat di tengah keterbatasan lantaran pandemi.

 Menariknya, Saykoji membuat lagu sekaligus merekam videoklip di rumah saja. Sang istri pun menjadi juru kamera bagi Saykoji untuk pembuatan ide kreatif tersebut.

2. Sandy Canester - Di Rumah Aja

Lagu yang sangat easy listening ini dibuat juga untuk menghibur masyarakat. Selain itu, lagu ini mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan sebagaimana arahan selama pandemi berlangsung.

3. Hendra Kumbara - Dino Liyane

Lagu ketiga ini tampaknya sudah banyak banget didengar anak-anak hits. Terutama mereka yang terpaksa memundurkan hari pernikahan lantaran pandemi covid-19. Soalnya, lagu Hendra Kumbara tersebut mengisahkan  seseorang yang harus membatalkan pernikahannya lantaran pandemi covid-19. Menariknya lagi, lirik lagu dari hits yang terinspirasi Covid-19 itu menggunakan bahasa Jawa.

4. Tony Aksa & Yudek - Rindu Sedia Kala

Nah, lagu berikutnya ini tentu menjadi kebanggaan sendiri. Karena selain dibuat oleh dua musisi kawakan asal Malang, yaitu Tony Aksa & Yudek, lagu bertemakan covid-19 ini sungguh menyayat hati. Musiknya yang easy listening juga menjadi salah satu alasan lagu ini menjadi pilihan untuk didengarkan dalam berbagai aktivitas.

Lagu yang ditulis dalam waktu singkat itu menceritakan  kerinduan sekaligus kekalutan masyarakat saat pandemi melanda. Rasa panik itu pun dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, tanpa kecuali dua musisi kawakan tersebut.

Tony Aksa menyampaikan, lagu tersebut menggambarkan kondisi Malang Raya saat pandemi covid-19 melanda. Dia menilai keramaian Malang tak ditemui selama pandemi berlangsung. Aktivitas pun terpaksa harus dibatasi.

Baca Juga : Mau ke Tempat Hiburan di Kabupaten Malang? Sabar Ya, SOP masih Disusun

"Kondisi Malang begitu sepi saat pandemi Melanda. Ada banyak hal yang tentunya sangat dirindukan," katanya.

Meski begitu, dia yakin kondisi akan kembali membaik. Melalui lirik yang ditulisnya itu, doa pun dipanjatkan. Dia berharap, kondisi Malang dan Indonesia menjadi lebih baik dan tetap bertahan di tengah pandemi covid-19.

Pentolan Taxi Band itu menyampaikan tak ada kesulitan berarti saat menuliskan lagu bertema covid-19  meski pada dasarnya ia lebih sering menuliskan lagu bertema percintaan. Namun penulisan lagu Rindu Sedia Kala ini justru berlangsung sangat cepat. "Prosesnya begitu cepat," tambahnya.

Lagu yang baru dirilis pada Juli lalu di channel Youtube Tony Aksa itu pun diterima sangat hangat oleh pecinta musik. Videoklip lagu tersebut telah ditonton lebih dari enam ribu kali dan ratusan komentar berupa dukungan dari para penggemar.