Ilustrasi
Ilustrasi

Seorang dokter di Kota Blitar dilaporkan meninggal dunia setelah diduga terpapar covid-19. Dokter tersebut bernama Sony Putrananda (59), warga Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. 

Semasa hidup, almarhum dikenal sebagai dokter yang dikenal luas masyarakat berkat ketelatenannya menghadapi pasien. Dokter Sony berpulang pada Selasa (28/7) pukul 21.50 WIB di RSUD Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang. 

Baca Juga : Diduga Serangan Jantung, Pria Bertato Asal Bali Ditemukan Tak Bernyawa dalam Kamar Hotel

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar Hakim Sisworo mengatakan, pihaknya saat ini menunggu keluarnya hasil swab test dokter Sony dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Laporan swab test tersebut tertunda karena awalnya almarhum menjalani perawatan medis di sebuah rumah sakit swasta di Kota Malang yang bukan rumah sakit rujukan covid-19. Dokter Sony dirujuk ke Rumah Sakit Saiful Anwar Malang setelah swab test hasilnya positif. 

"RS Persada Malang yang merawat dokter Sony belum terdaftar sebagai rumah sakit rujukan. Ini membuat pelaporan hasil swab tertunda. Hasil tes swab-nya positif namun kami masih menunggu data hasil tes swab dari Kemenkes," ungkap Hakim, Rabu (29/7/2020).

Sebelum data dari Kemenkes turun, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar bergerak cepat dengan langsung melakukan tracing terhadap orang yang kontak erat dengan dokter Sony. Selain keluarga, sopir dan karyawan tracing juga dilakukan kepada pasien yang terdata sempat berobat ke kliniknya di Jl Mawar, Kota Blitar, terhitung sejak 22 Juli lalu.

“Kami sudah swab test keluarga, sopir, dan karyawan. Pasien yang berobat juga kami telusuri. Kliniknya sekarang sekarang ditutup. Sedangkan rumah, tempat praktik, dan apotek milik dokter Sony kami lakukan penyemprotan,” paparnya. 

Hakim menambahkan, dokter Sony diketahui juga memiliki klinik di wilayah Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar "Setahu saya yang bersangkutan hanya praktik di klinik pribadinya di Jalan Mawar dan di salah satu klinik di Garum,” ungkapnya.

Baca Juga : Usai Dibangunkan dari Tidur, Pedagang Pakan Ayam Mendadak Tewas

Disinggung mengenai pemakaman  dokter Sony, diketahui awalnya jenazah akan dimakamkan di Kota Blitar. Namun, atas permintaan keluarga, jenazah dokter Sony akhirnya dikremasi di Lawang, Malang. “Keluarga meminta jenazah almarhum dikremasi. Kremasi dilakukan di Lawang Malang,” pungkasnya.