Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)

Meski masuk dalam zona kuning atau daerah dengan resiko penularan covid-19 rendah, tapi kasus Covid-19 di Kota Blitar terus bertambah. 

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat jumlah pasien positif di Kota Blitar mencapai 18 orang. Rincianya, 8 orang sembuh, 8 orang dirawat dan 2 orang meninggal dunia.

Baca Juga : Tidak Hanya Update Covid-19, Apa Saja Kegiatan Gugus Tugas Covid-19 di Jember?

Terakhir terdapat tambahan tiga kasus pasien positif Covid-19. Ketiganya masing-masing merupakan tambahan kasus pada 11 dan 12 Juli. Kasus 11 Juli adalah 2 orang laki-laki berusia 23 tahun dari Kelurahan  Karangtengah.  Pada tanggal 2 Juli 2020 yang bersangkutan melakukan Rapid diagnostic Test (RDT) sebagai syarat untuk perjalanan dan hasilnya reaktif. Kemudian ditindak lanjuti dengan pengambilan specimen. 

"Hasil RT PCR dinyatakan positif pada 11 Juli 2020. Saat ini yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri di RS Rujukan Covid-19 di Kota Blitar. Dia tidak ada keluhan sama sekali,” ungkap Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar M Muchlis, Selasa (14/7/2020).

Kasus tambahan kedua pada 12 Juli adalah seorang perempuan berumur 40 tahun dari Kelurahan Karangtengah. Dia diketahui mengalami keluhan demam, batuk dan nyeri perut dan tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar kota. Tanggal 11 Juli  masuk rumah sakit rujukan Covid-19 Kota Blitar, dilanjutkan pengambilan spesimen. “Dia dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 12 Juli malam,” paparnya. 

Muchlis menambahkan, berdasarkan informasi yang diterima dari Gugus Tugas dari Provinsi Jawa Timur ada kemungkinan di Kota Blitar telah terjadi transmisi lokal. Karena berdasarkan riwayat yang ditelusuri, salah satu pasien yang dinyatakan positif Covid-19 tidak melakukan perjalanan kemana-mana alias stay at home. 

“Penyelidikan lebih lanjut masih dilakukan. Hasil untuk orang yang pernah kontak erat juga belum keluar. informasi yang kami terima dari provinsi sudah ada transmisi lokal di Kota Blitar," jlentrehnya. 

Baca Juga : Giliran Jalan Binor Kelurahan Bunulrejo Terapkan Lockdown Lokal

Lebih dalam Muchlis menyampaikan, Gugus Tugas mengimbau kepada seluruh warga Kota Blitar untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat secara baik dan benar. Masyarakat juga diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan dengan sering mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak ketika berada di ruang publik.

“Jalankan pola hidup sehat dan disiplin protokol kesehatan. Ini imbauan yang tak henti-henti kami sampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya.