Aparat TNI-Polri di Kota Blitar turun ke pasar, ajak masyarakat disiplin gunakan masker
Aparat TNI-Polri di Kota Blitar turun ke pasar, ajak masyarakat disiplin gunakan masker

Aparat TNI-Polri di Kota Blitar menggiatkan pendisiplinan dan imbauan penggunaan masker di ruang-ruang publik. Tindakan ini menyusul masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk melindungi diri dari covid-19 dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. 

Dalam mendisiplinkan masyarakat, anggota Polres Blitar Kota dan Kodim 0808/Blitar turun ke pasar-pasar tradisional pada Jumat (3/7/2020). Mereka memberikan imbauan kepada pedagang dan pembeli yang tidak memakai masker.

Baca Juga : Suka Duka Menjaga Pintu Masuk Wilayah Utara Banyuwangi

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, di kesempatan ini mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan menyusul masih rendahnya penggunaan masker sebagai alat pelindung diri dasar. Tak hanya menyuruh masyarakat memakai masker, polisi dan TNI juga membawa stok 1.000 masker. Mereka yang kedapatan tidak memakai masker diberi arahan dan langsung dipakaikan masker. 

"Kegiatan ini dalam rangka mendukung program Jatim Bermasker Jatim Sehat. Mendisiplinkan masyarakat untuk menggunakan masker terus kita giatkan karena masker adalah alat pelindung diri paling dasar untuk memutus penyebaran Covid-19," ungkap Leonard. 

Lebih dalam Leonard menyampaikan, kegiatan mendisiplinkan masyarakat dalam menggunakan masker akan menyasar seluruh pasar tradisional di wilayah hukum Polres Blitar Kota yang meliputi 3 kecamatan di Kota Blitar dan 6 Kecamatan di Kabupaten Blitar. 

Baca Juga : DPRD Dorong Pemkab Blitar Tingkatkan Layanan di Bidang Kesehatan dan Ekonomi

"Prioritas dari sasaran kami adalah pasar tradisional. Kenapa demikian?, karena seperti diketahui aktivitas di pasar tradisional ini cukup ramai sehingga rawan adanya penularan hingga yang paling ditakutkan jari klaster baru," pungkasnya.