Bupati Blitar, Kepala BNNK Blitar dan Forkopimda perkuat sinergitas perang lawan narkoba. (Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Bupati Blitar, Kepala BNNK Blitar dan Forkopimda perkuat sinergitas perang lawan narkoba. (Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional atau HANI 2020 secara virtual, Jumat (26/6/2020). Peringatan HANI tahun ini mengangkat tema "Hidup 100% di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba." Agenda ini diikuti Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua DPR RI Puan Maharani, beserta pegiat anti narkotika. Seluruh BNN Provinsi dan daerah mengikuti acara ini secara virtual. 

Di Kabupaten Blitar, agenda ini dipusatkan di Kantor BNN Kabupaten Blitar di Kanigoro dan dihadiri oleh Bupati Blitar Rijanto, Kepala BNN Kabupaten (BNNK) Blitar AKBP Bagus Hari Cahyono dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). 

Baca Juga : Marak Reklame Bacalon Pilwali Blitar, Satpol PP Lakukan Razia

“Hari ini peringatan HANI 2020 bersama Wapres dilaksanakan melalui teleconference. Tema HANI tahun ini Hidup 100% di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba,” ungkap Kepala BNN Kabupaten Blitar, AKBP Bagus Hari Cahyono.

BNN Kabupaten Blitar mendorong agar tema HANI tahun ini benar-benar melembaga di masyarakat. “Men sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan produktif tanpa narkoba,  selain sehat juga kita akan bahagia. Kami mendorong agar hidup sehat produktif tanpa narkoba melembaga di masyarakat melalui sosialisasi yang tak henti-hentinya kami lakukan,” tegasnya.

Bagus menambahkan, peringatan HANI 2020 menjadi spirit bagi Kabupaten Blitar untuk gencar perang melawan narkoba. 

 “Momen HANI ini mengingatkan kepada seluruh negara di dunia tentang bahaya narkoba. Narkoba ini tidak baik, bisa merusak fisik, merusak mental, merusak tatanan kehidupan, merusak tatanan negara dan merusak keamanan. Seluruh negara di dunia telah sepakat untuk perang lawan narkoba . Kita yang ada di Blitar, harus sama-sama bergerak untuk berani menolak narkoba, berani menanggulangi, mencegah dan menanggulangi narkoba,” tegasnya. 

Selain sehat dan produktif tanpa narkoba, BNN Kabupaten Blitar juga mendorong agar masyarakat melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin agar terhindar dari penularan corona (Covid-19). Seperti pakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak.

Sementara itu Bupati Blitar Rijanto, menegaskan Pemkab Blitar mendukung penuh upaya perang melawan narkoba. Dirinya berharap pemerintah, swasta, masyarakat turut serta dalam upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). 

“Narkoba ini harus kita berantas bersama-sama. Semua harus turut berkolaborasi dalam upaya P4GN untuk menekan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika ini. Sosialisasi harus menyasar seluruh desa. Karena bagaimanapun pencegahan ini lebih baik dari pemberantasan,” pungkasnya.