8 universitas di Indonesia yang masuk ke dalam daftar QS World University Ranking tahun 2021. (Foto: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi)
8 universitas di Indonesia yang masuk ke dalam daftar QS World University Ranking tahun 2021. (Foto: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi)

Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking kembali merilis pemeringkatan universitas di dunia untuk tahun 2021. Pemeringkatan ini dilakukan kepada lebih dari 1.000 universitas di dunia, termasuk Indonesia.

QS World University Rankings adalah publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS).  Sistem QS terdiri dari keseluruhan dan juga terdiri dari subjek peringkat global, bersama Iima regional independen (Asia, Amerika Latin, Eropa dan Asia Tengah, Wilayah Arab, dan BRICS).

Baca Juga : Diskusi Virtual, Fisipol Unisba Blitar Kaji Problematika di Era Pandemi Covid-19

Pemeringkatan resmi ini juga dijadikan acuan bagi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) RI untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University atau universitas bertaraf dunia.

Berikut 8 universitas di Indonesia yang berhasil masuk ke dalam daftar QS World University Ranking tahun 2021.

1. Universitas Gadjah Mada (peringkat 254 dunia)

2. Universitas Indonesia (peringkat 305 dunia)

3. Institut Teknologi Bandung (peringkat 313 dunia)

4. Universitas Airlangga (peringkat 530 dunia)

5. Institut Pertanian Bogor (peringkat 531 dunia)

6. Institut Teknologi sepuluh November (peringkat 751 dunia)

7. Universitas Bina Nusantara (peringkat 801 dunia)

8. Universitas Padjadjaran (peringkat 801 dunia)

Untuk diketahui, indikator yang digunakan QS dalam penilaian tiap Universitas antara lain:

1. Reputasi akademik sebesar 40% untuk mengukur unsur akademik secara menyeluruh

Baca Juga : Para Guru di Kota Kediri Bersiap Sambut Penerapan New Normal

2. Reputasi lulusan sebesar 10% untuk mengidentifikasi performa dan kualitas lulusan universitas di mata para pimpinan perusahaan

3. Rasio fakultas dan mahasiswa sebesar 20% untuk mengukur komponen yang menunjang keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi seperti jumlah tenaga pendidik berbanding dengan jumlah mahasiswa.

4. Kutipan jurnal ilmiah sebesar 20% untuk mengukur jumlah kutipan (citation), jumlah publikasi ilmiah serta dampak penelitian yang dihasilkan oleh para sivitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat

5. Fakultas internasional sebesar 5% untuk mengukur jumlah ekspatriat/tenaga pendidik asing di fakultas atau perguruan tinggi

6. Mahasiswa internasional sebesar 5% untuk mengukur jumlah mahasiswa asing di fakultas atau perguruan tinggi

Selamat kepada semua Universitas yang berhasil menempati peringkat di QS World University Rankings!