Bulan Bung Karno, Kepala BPIP hingga Ganjar Meriahkan Sukarno Festival secara Virtual | Blitar TIMES

Bulan Bung Karno, Kepala BPIP hingga Ganjar Meriahkan Sukarno Festival secara Virtual

May 31, 2020 11:50
Sukarno Festival digelar untuk memeriahkan Bulan Bung Karno 2020.
Sukarno Festival digelar untuk memeriahkan Bulan Bung Karno 2020.

Pandemi virus corona (covid-19) tak menyurutkan kalangan pemuda memeriahkan Bulan Bung Karno di Kota Blitar. Acara berkelas nasional bertema Sukarno Festival digelar secara virtual.

Acara Sukarno Festival dimulai dengan diskusi yang digelar pada 1 Juni 2020, tepat  hari peringatan lahirnya Pancasila. Diskusi yang dimulai pukul 15.00-17.00 akan menampilkan tokoh-tokoh nasional. Di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Rumah Bhineka Dr Thony Saut Situmorang, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Drs KH Yudian Wahyudi Asmin MA PhD, dan Ketua Satgas Rakyat Gatotkoco Suroso. Diskusi akan dibuka Wali Kota Blitar Santoso dan Bupati Blitar Rijanto. 

Menurut Upi Suprianto selaku panitia kegiatan, diskusi publik 1 Juni mengambil tema Pancasila Dasar Negara. Tema tersebut untuk memperingati hari lahirnya Pancasila. Diskusi bisa diikuti secara live melalui Instagram @sukarnofestival dan You Tube.

Baca Juga : Isi Waktu Libur Lebaran? Belajar Gambar Bersama Animator Gibli Yuk!

“Diskusi publik ini kami gelar untuk memperingati 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila. Pidato Presiden Soekarno pada sidang BPUPKI 1 Juni 1945 merupakan cikal lahirnya Pancasila, dasar negara Kesatuan Repubik Indonesia,” ungkap Upi Suprianto, Minggu (31/5/2020). 

Dalam pidatonya waktu itu, Bung Karno menyatakan, "Ke sinilah kita semua harus menuju: mendirikan satu national staat, di atas kesatuan bumi Indonesia dari ujung Sumatera sampai ke Irian. Saya yakin tidak ada golongan di antara tuan-tuan yang tidak mufakat, baik Islam maupun golongan yang dinamakan golongan kebangsaan."

"Sebelum pemerintah menetapkan 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila, Kota Blitar sejak lama menerapkan Juni sebagai Bulan Bung Karno. Juni adalah hari lahirnya Pancasila, lahirnya Bung Karno dan wafatnya beliau. Untuk meningat jasa-jasa Bung Karno, maka Bulan Bung Karno tetap kami peringati secara virtual,” papar Upi.

Selain menghadirkan tokoh-tokoh nasional, Sukarno Festival yang digelar secara virtual akan menampilkan pentas pidato Wayang Pulau Indonesia oleh Nanang Garuda dari Jogjakarna, Tari Enggar Trysna dari Paser Kalimantan Timur, dan Band Hanz Project dari Blitar.

Topik
blitar Berita Blitar Sukarno Festival Bulan Bung Karno 2020

Berita Lainnya