BEM Unisba Blitar aksi sosial berbagi nasi gratis kepada masyarakat.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
BEM Unisba Blitar aksi sosial berbagi nasi gratis kepada masyarakat.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Budaya gotong royong dan saling membantu antarsesama manusia yang merupakan warisan nenek moyang Bangsa Indonesia masih lestari di Blitar Raya. Hal ini seperti yang diperlihatkan oleh mahasiswa Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar.

Aksi sosial yang dimotori Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ini secara konsisten mewujudkan sifat gotong royong itu dengan membagikan makanan gratis dengan berbagi nasi gratis kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitar wilayah  Kota Blitar, Kamis (21/5/2020).

Baca Juga : Antisipasi Pemudik, Bupati Kediri Bersama Forkopimda Gelar Patroli Gabungan

Dikatakan Nidya Kurnia Ningsih selaku Menteri Agama BEM Unisba Blitar, bulan suci Ramadan merupakan bulan penuh berkah yang selalu disambut gembira umat muslim. Namun, di saat pandemi virus corona (Covid-19) seperti ini banyak masyarakat mengalami kesusahan secara ekonomi. Oleh karena itu, BEM Unisba Blitar melaksanakan bakti sosial untuk masyarakat diwujudkan dengan tindakan nyata dengan membagikan makanan gratis kepada warga untuk berbuka puasa.

“Pembagian makanan ini kita laksanakan sore jelang buka puasa. Ini adalah program kerja dari BEM Unisba Blitar, khususnya kementerian agama. Makanan berbuka puasa kita distribusikan ke beberapa titik di Kota Blitar. Sasaran kita seluruh elemen masyarakat yang membutuhkan, khususnya pekerja yang tidak bisa stay at home seperti tukang becak, tukang ojek dan pedagang kaki lima,” ungkap Nidya kepada BLITARTIMES.

Nidya menambahkan, nasi kotak yang dibagikan untuk berbuka puasa bersumber dari donasi donatur. Dirinya bersyukur kegiatan yang dilaksanakan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak yang berjiwa sosial tinggi.

“Selain berbagi, lewat kegiatan ini kami ingin menjaga tali silaturahmi dengan sesama mahasiswa dan seluruh elemen masyarakat. Selain itu di bulan yang suci ini, bulan ramadan kita sebagai mahasiswa harus mampu menjadi pelopor dalam berbuat kebaikan, salah satunya dengan bersedekah berupa pembagian nasi kotak ini,” tukasnya.

Baca Juga : Jelang  Lebaran, Kapolres Blitar Kota Silaturahmi ke Pengurus PD Muhammadiyah

Sementara itu Presiden BEM Unisba Blitar, Rino Wahyu Nur S, di kesempatan ini berharap aksi sosial yang digelar bisa meringankan beban masyarakat yang ada di Blitar. Dia juga mengatakan kegiatan berbagi nasi ini merupakan program baru dari struktur yang ada di BEM Unisba yakni bidang keagamaan.

“Kami berharap aksi sosial berbagi nasi di moment di bulan ramadan ini kita bisa merealisasikan nilai-nilai keislaman yang ada di Jiwa mahasiswa Unisba. Semoga program seperti ini bisa menjadi rutinan untuk pengurus BEM di tahun-tahun ke depannya. Dan yang paling penting, semoga dampak dari pandemi covid-19 ini segera berakhir,” pungkasnya.