Plt Wali Kota Blitar, Santoso
Plt Wali Kota Blitar, Santoso

Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar memastikan relokasi eks pedagang kaki lima (PKL) Jalan Mastrip ke Jalan Bengawan Solo atau tepat di utara SMAN 3 Kota Blitar berjalan sesuai rencana. Relokasi dilakukan sebagai upaya pemkot menghindari penggerombolan  PKL di Jalan Mastrip.

Terkait dengan rencana relokasi ini, Plt Wali Kota Blitar Santoso dilansir BLITARTIMES dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Jumat (14/2/2020) menyampaikan bahwa pihaknya melalui OPD terkait sudah melakukan survey lokasi. Dalam survey tersebut pihaknya bahkan melibatkan perwakilan PKL.

“Secara teknis, para PKL akan ditempatkan di timur lapangan, sehingga tidak akan mengganggu lalu lintas sekitar. Selain eks PKL mastrip, Pemkot Blitar juga akan memberikan tempat bagi PKL yang ada di sekitar lapangan Jalan Bengawan Solo,” ungkap Santoso.

Santoso menjelaskan, secara teknis perencanaan relokasi ini akan kembali dibahas dan dianggarkan dalam APBD 2020. Pihaknya mengupayakan, relokasi PKL eks mastrip ini secepatnya bisa dilakukan.

“Ya nanti akan kita bahas lagi di APBD 2020, semoga bisa kita lakukan secepatnya,” tegasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Blitar sempat berencana untuk merekolasi eks PKL Mastrip ke Jl. Kalimantan dan Dr. Wahidin, namun rencana itu batal setelah mendapat penolakan dari PKL setempat. Eks PKL Mastrip sendiri direkolasi pasca Pemerintah Kota melakukan proyek pelebaran jalan di Jl. Mastrip 2017 lalu.(*)

 

<