Rangga Bisma Aditya (Foto: Malik Naharul/BlitarTIMES)
Rangga Bisma Aditya (Foto: Malik Naharul/BlitarTIMES)

Sebanyak 30 calon PPK dari tiga kecamatan di Kota Blitar hari ini telah selesai mengikuti tes wawancara seleksi calon PPK di Kantor KPU Kota Blitar, Senin (10/2/2019).

Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya menjelaskan hingga hari ke tiga seleski wawancara hari ini, semuanya hadir dan mengikuti tahap seleksi wawancara.

"Untuk hari terakhir ini total 10 calon PPK dari Kecamatan Sukorejo semuanya hadir, dan pada prosesnya kemarin pada tanggal 8 dan 9 Februari dari Kecamatan Sananwetan dan Kecamatan Kepanjenkidul sepuluh-sepuluhnya juga hadir. Artinya 30 peserta kemudian hadir untuk mengikuti proses seleksi wawancara," kata Rangga saat ditemui BLITARTIMES.

Dia menyampaikan, hingga hari terakhir seleksi calon PPK Kota Blitar tidak menemui kendala. Sementara, untuk hasil seleksi atau tes wawancara ini, akan diumumkan antara 15-21 Februari ini.

"Alhamdulillah sampai sejauh ini tidak ada kendala, kemudian prosesnya akan kami lanjutkan dalam rapat pleno untuk menentukan nomor urut," sambungnya.

Rangga menambahkan, selanjutnya akan ada rapat pleno dari pengurus untuk penentuan nomor urut calon PPK. Nantinya pada nomor urut 1 sampai 5 akan menjadi PPK dan di nomor 6 sampai 10 akan menjadi cadangan.

"Yang jelas kompetensi dan apa yang kita verifikasi terutama kaitannya dengan pemahaman tentang tugas-tugas PPK. Dan yang tidak kalah penting yakni verifikasi perseorangan dimana nanti akan ada calon perseorangan di tanggal 19 sampai dengan 23 Februari itu menjadi tugas pertama bagi PPK," jelasnya.

Selain itu, tugas PPK yakni berkaitan dengan tugas pemutakhiran data pemilih. Dimana dalam proses itu kemudian menjadi hal yang perlu diprioritaskan, karena proses untuk pemutakhiran data ini sudah dimulai sejak bulan April yakni dua bulan setelah PPK dilantik.

"Jadi selain pengetahuan kompetensi itu, kami juga mengadakan uji tanggapan masyarakat dan juga kaitannya dengan uji kewilayahan yang berkaitan dengan pengetahuan mereka dalam mengkordinir wilayah-wilayah yang ada di Kota Blitar ini," tandasnya.(*)