Tim Damkar Kab Blitar mengevakuasi sarang tawon vespa
Tim Damkar Kab Blitar mengevakuasi sarang tawon vespa

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Blitar mengevakuasi sarang tawon ndas atau tawon vespa di atap kamar mandi milik warga Desa Gledug, Sanankulon, Kabupaten Blitar, Kamis (5/12/2019). Petugas terlihat mengenakan pakaian pelindung lengkap saat mengevakuasi sarang tawon sebesar kepala orang dewasa tersebut.

"Tadi kami menerima telepon dari pemilik rumah untuk mengevakuasi sarang tawon. Pemilik rumah sebenarnya hendak membersihkan sendiri namun tidak memiliki peralatan lengkap sehingga memanggil kami," terang Kasi Penanggulangan Bencana Kebakaran, Satpol PP Kabupaten Blitar, Tedi Prasojo.

Informasi yang diterima, tawon vespa itu berada di rumah Edi Sunarto (47). Pemilik rumah ternyata juga sudah pernah menjadi korban sengatan tawon tersebut, saat hendak membersihkan sarang tawon.

Awalnya pemilik rumah  menemukan sarang tawon menggantung di belakang rumah. Edi sempat mencoba menghilangkan sarang namun disengat. Merasa tak mampu, ia lalu memanggil petugas pemadam kebakaran.

Begitu tiba di lokasi, petugas pemadam kebakaran melakukan survey. Kemudian dua orang petugas menggunakan pakaian khusus memanjat tangga yang telah disiapkan sambil membawa sebuah karung.

Dengan cepat, petugas lalu membungkus sarang tawon vespa tersebut dengan karung. Begitu terbungkus, sarang tawon itu lalu dijauhkan dari lokasi. "Kami pastikan tawon ndas  tidak mengganggu warga yang lain," tutup Tedi.

Untuk diketahui, tawon jenis ini sebelumnya juga diberitakan mengganggu beberapa daerah provinsi Jawa Tengah. Tawon ndas ini dirasa meresahkan karena menyerang warga di sekitar sarangnya berada.(*)